Liga Santri Piala Gubernur Jatim 2016, Ponpes Jember Jadi Juara

KANALINDONESIA.COM : Liga santri memperebutkan piala Gubernur Jatim, sukses digelar di stadion Brawijaya Kota Kediri mulai 12-19 November 2016.

Panitia pelaksana pertandingan berencana akan menjadikan kompetisi antar santri pondok pesantren ini menjadi even tahunan dan bergilir dibeberapa kota.

KH. Reza Ahmad Zahid mengatakan, dari hasil evaluasi masih banyak kekurangan dalam turnamen ini terutama sepinya penonton.

“Untuk itu tahun depan pihaknya akan berupaya melakukan sosialisasi lebih gencar terutama ke beberapa pondok pesantren agar lebih semarak lagi kompetisi liga santri,” kata KH.Reza didepan awak Media.

Lebih lanjut KH.Reza menjelaskan, “meski ada turnamen sepakbola bukan berarti tugas sebagai santri harus diabaikan sepakbola menjadi ekstra kurikuler di pondok sementara ngajinya tetap,”ungkap Gus Reza, Sabtu (19/11/2016).

Sementara itu walikota Kediri Abdullah Abu Bakar yang mendukung penuh acara kompetisi liga santri ini mengaku, pihak Pemerintah Kota Kediri memang sengaja mendengar liga santri tersebut karena untuk menjalin tali slilaturrahmi antara pondok se-jawa timur.

” Selain itu juga untuk menjaga kesehatan fisik dengan selalu berolah raga,” kata Mas Abu panggilan akrab Walikota Kediri, Sabtu (19/11/2016) dalam penutupan liga santri di stadion Brawijaya Kota Kediri.
Untuk diketahui dalam kompetisi liga santri piala gubernur jawa timur ini diikuti 16 tim dari berbagai pondok pesantren se-jawa timur. Dan final memperebutkan juara satu dalam liga Santri tersebut adalah, Pondok Pesantren Jember Nurul Iman vs Pondok Pesantren Darusalam.

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang mengikuti kompetisi liga santri piala gubernur jawa timur di stadion Brawijaya Kediri selama lima hari, akhirnya tim kesebelasan dari pondok pesantren Nurul Iman Jember keluar jadi pemenang usai dalam partai puncak megalahkan tim kesebelasan dari ponpes Darussalam Banyuwangi dengan skor 3-1.

Menurut pelatih kesebelasan ponpes nurul iman jember Fredi, kemenangan yang diraihknya bukan tidak butuh persiapan sebab memang tim ini sudah terbentuk sejak tahun yang lalu dan sering melakukan latihan. Ungkap Fredi Sabtu Sore 19/11

Lebih lanjut Fredy mengatakan kemampuan antar pemain mempunyai kemampuan rata-rata dan mudah diajak kerjasama ” kekompakan dalam bermain itu yang menjadi salah satu kunci kemenangan meraih piala gubernur 2016 ini”

Masih kata Fredi pihaknya tetap akan melakukan regenerasi terutama untuk mengikuti kompetisi liga santri tahun depan yang rencananya akan dilaksanakan di Ponorogo,”Pungkasnya .(G Marmoyo)