Lestarikan Reog, Ponorogo Gebyak Reog Serentak Seluruh Desa

group reog desa karangpatihan, kecamatan Balong yang ikut meriahkan gebyakan reog serentak se kabupaten ponorogo(foto: Eko Mulyadi)
group reog desa karangpatihan, kecamatan Balong yang ikut meriahkan gebyakan reog serentak se kabupaten ponorogo(foto: Eko Mulyadi)

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Guna melestarikan kesenian tradisional asli Ponorogo agar tidak tergerus pengaruh budaya luar, digelarlah gebyakan reog serentak seluruh desa yang ada di Ponorogo, Kamis(11/07/2019).

Pagelaran serentak kesenian reog ini merupakan himbauan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kepada seluruh desa se-Ponorogo.

Kemeriahan pun dirasakan oleh seluruh masyarakat di seluruh penjuru Ponorogo.

Mereka menggelarnya di Balai Desa, namun ada pula yang membawa reog berkeliling kampung.

Gebyakan reog obyok inipun lengkap dengan tokoh-tokohnya, seperti Kelono Sewandono, Warok, Jathil, Bujang Ganong dan pengiringnya.

Menyambut antusiasme masyarakat, Ipong pun bersyukur, himbauannya kepada para Kades saat dilantik benar-benar terlaksana.

“Himbauannya setiap tanggal 11 tiap bulannya harus ada pertunjukkan reog. Supaya kesenian reog tetap lestari,” tutur  Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni , Kamis (11/07/2019).

Total ada 307 desa yang diwajibkan menggelar pertunjukkan reog. Jadi, masyarakat bisa melihat reog di masing-masing desa.

“Karena sudah lama reog obyok tidak dimainkan, biar lestari,” terang dia.

Ipong menambahkan untuk anggaran pelaksanaannya, pihaknya menyerahkan kepada desa dan kelurahan.

“Kita dorong kemandiriannya, supaya reog itu ada terus,” paparnya.

Saat disinggung soal isu dana Rp 5 juta tiap desa untuk menggelar reog, menurut Ipong itu merupakan kabar hoax.

“Kita menganggarkan Rp 1 Miliar untuk beberapa desa dalam rangka membantu pengadaan fisik reognya. Tiap tahun ada 25 desa, sekarang sekitar 150 an desa yang sudah pernah dapat,” tukasnya.

Terakhir, Ipong berpesan reog adalah warisan luhur untuk Ponorogo. Serta menjadi kebanggan Indonesia di kancah dunia.

“Ayo terus kita jaga dan pelihara serta lestarikan terus dukung, tonton, ikuti dan mainkan,” pungkas dia.