Polres Ponorogo Tasyakuran Puncak HUT Bhayangkara ke 73

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 Polres Ponorogo dipusatkan di lapangan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo diwarnai pemotongan tumpeng oleh Kapolres AKBP. Radiant, S.I.K., M.Hum, bersama Ketua Bhayangkari Cabang Ponorogo dengan khidmat, Jum’at (12/07/2019) pukul 08.20 wib.

Rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke 73 telah dilalui secara bertahap, mulai dengan kegiatan perlombaan internal yang diikuti semua anggota dari Polsek se Kabupaten Ponorogo, lomba dai kamtibmas, serta berbagai lomba lainnya yang diikuti masyarakat.

Hadir dalam kegitan tersebut, Bupati Drs. H. Ipong Muclissoni beserta ibu, Wabup Ponorogo DR. H. Soedjarno, MM., Kapolres Ponorogo AKBP Radiant, S.I.K., M.Hum beserta ibu, Dandim 0802/ Ponorogo Letkol Inf Made Sandy Agusto, Kepala Kejaksaan Hilman Azasi, SH. M. Hum, Ketua Pengadilan Negeri diwakili Albanus Asnanto, SH. MH, Danlanud Iswahyudi diwakili oleh Letkol LTC M. Teguh, Sekda Kab. DR. Agus Pramono, MM., Ketua DPRD diwakili Anik Suharto, SSos, MSi, Kasdim dan perwira staf Kodim 0802/ Ponorogo, PJU Polres Ponorogo, Kapolsek, Pimpinan Ponpes,Tokoh agama dan tokoh masyarakat Ponorogo, Anggota Polres Ponorogo dan tamu undangan.

Membacakan amanat Kapolri Kapolres Ponorogo AKBP. Radiant mengungkapkan, Peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946.

Melalui Penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan.

“Kami bersyukur, sampai dengan saat ini Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur undang-undang,” katanya.

Dikatakan, Polri yang saat ini memiliki anggota 446.873 personel, tersebar pada 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 Kabupaten/Kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 Kecamatan, bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berbagai perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri selama 3 tahun terakhir melalui Program Promoter, dititikberatkan pada 3 kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media.

Selain itu, peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal.

“Perbaikan kultur direalisasikan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif,” terangnya.

Sementara itu Bupati Ipong Muchlissoni dalam sambutannya menyampaikan, Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo mengucapkan terimakasih kepada institusi Polri khususnya yang berada di wilayah Ponorogo karena dengan keberadaan kepolisian sangat membantu mengamankan Pemilu dan Pilkades serentak di Ponorogo, sehingga berjalan aman dan kondusif.

“Selamat ulang tahun ke 73, dirgahayu Kepolisian Republik Indonesia, tetaplah menjadi pengayom masyarakat, tetaplah menjadi Bhayangkara Indonesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, harapan kami sinergitas yang sudah terjalin selama ini antar TNI – Polri dan Pemkab Ponorogo dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

“Sehingga terwujud Kamtibmas di Kabupaten Ponorogo, aman dan kondusif,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Ponorogo melaunching Siaga Ponorogo bersama Bupati, Dandim dan wakil ketua DPRD Ponorogo.

Kemudian acara dilanjutkan penyerahan piagam dan hadiah penghargaan oleh Kapolres Ponorogo, kepada para juara. (red).