Baznas Ajak Masyarakat Berzakat Di Alfamart

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menjalin kerjasama dengan PT. Artajasa yakni sebuah perusahaan yang bergerak dalam sistem layanan pembayaran elektronis.

Melalui kerjasama tersebut, PT Artajasa memberi layanan kemudahan berzakat ke Baznas melalui minimarket Alfamart yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Kerjasama ini dilakukan di minimarket Alfamart, Jalan Sutan Syahrir, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat, (12/7/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Bisnis PT Artajasa Pembayaran Elektronis, Anthoni Morris; Corporate Communication General Manager Alfamart, Nur Rachman; Ketua Baznas Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA. CA; serta Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta.

Direktur Bisnis PT Artajasa Pembayaran Elektronis, Anthoni Morris; Ketua Baznas Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA. CA; Corporate Communication General Manager Alfamart, Nur Rachman; serta Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta foto bersama usai penandatanganan kerjasama di Alfamart, Menteng, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Ketua Baznas, Prof. Bambang dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini memudahkan masyarakat sambil berbelanja memenuhi kebutuhan sehari-hari, bisa langsung menunaikan zakat, infak, sedekah hingga kurban dengan memanfaatkan layanan pembayaran di Alfamart.

“Baznas terus berkomitmen melahirkan berbagai inovasi dalam memberikan kemudahan berzakat, hingga sedekat mungkin menyentuh gaya hidup masyarakat. Salah satunya melalui kerjasama dengan Alfamart dan Artajasa hari ini,” kata mantan Menteri Keuangan RI ini.

Bambang berharap kerjasama ini dapat mendorong meningkatnya pengumpulan zakat dari para muzaki di Indonesia, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak mustahik melalui program-program pendistribusian dan pendayagunaan Baznas.

Selain itu, pembayaran zakat, infak, sedekah dan kurban ke Baznas dapat dilakukan melalui Alfamart dengan mudah dan cepat.

“Konsumen Alfamart hanya perlu mendatangi kasir dan membayar seperti bertransaksi saat belanja. Petugas kasir akan memasukkan transaksi tersebut ke dalam sistem dan mencetak bukti pembayaran, kemudian menyerahkannya kepada konsumen tersebut,” ungkap Prof. Bambang.

Ketua Baznas Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA. CA saat memperagakan belanja sambil berzakat di kasir Alfamart, Menteng, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Sementara itu, Direktur Bisnis PT Artajasa Pembayaran Elektronis, Anthoni Morris menjelaskan pihaknya sebagai penyedia layanan sistem pembayaran nasional selalu mendukung diimplementasikannya sistem pembayaran yang memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Menurutnya, kerjasama yang baik antara Artajasa, Baznas dan Alfamart ini diharapkan memberi kemudahan untuk melakukan pembayaran zakat, infak, sedekah ataupun pembelian kurban dapat terwujud dengan baik.

“Pengembangan layanan pembayaran secara elektronis di satu sisi memberikan efisiensi dalam hal penyediaan sarana pembayaran, di sisi lain juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melaksanakan amalan ibadah sesuai dengan keyakinannya. Dengan diimplementasikannya kerjasama ini, kami berharap potensi penggalangan zakat, infak, atau sedekah dari masyarakat yang sangat besar dapat dilakukan dengan optimal,” jelas Anthoni.

Ditambahkan oleh Corporate Communication General Manager Alfamart, Nur Rachman bahwa dengan adanya layanan elektronik ini, yang didukung oleh 13.000 lebih gerai Alfamart yang tersebar di Indonesia akan memudahkan dan semakin banyak menjangkau masyarakat yang ingin memberikan zakat, infak, sedekah atau kurbannya.

“Kini untuk membayar zakat, infak dan sedekah bisa dilakukan cepat dan praktis di Alfamart. Semoga kerjasama ini semakin banyak masyarakat yang ingin memberikan sebagian dari rezekinya untuk membantu sesama. @Rudi