Millennials Berdikari Go To Tanjung Burung Edukasi Peternakan

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — PT. Berdikari (Persero), perusahaan BUMN di bidang peternakan, menyelenggarakan kegiatan Corporate Sosial Responsibility (CSR) bertajuk Millennials Berdikari Go To Tanjung Burung di Desa Tanjung Burung, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten Sabtu (13/7/2019).

Direktur Utama PT Berdikari (Persero), Eko Taufik Wibowo mengatakan Berdikari sebagai BUMN tidak selalu soal aktivitas bisnis, tetapi mempunyai tugas untuk berkontribusi kepada lingkungan terutama di bidang peternakan  yang dalam hal ini dilakukan Millennials Berdikari sebagai agen of development.

Menurutnya, millennials ini harus didukung kreativitasnya agar ide dan gagasan cemerlangnya bisa terus memberikan kebaikan. Ia pun berharap kegiatan CSR ini bisa menjadi program berkelanjutan dan terus-menerus dilakukan.

“Saya memberi keleluasaan kepada Millennials Berdikari untuk untuk berkreasi sekreatif mungkin dan tentunya harus mempunyai manfaat, tidak hanya untuk mereka sendiri tetapi untuk masyarakat juga” ujar Eko disela-sela acara di Desa Tanjung Burung, Banten.

Penanaman Mangrove di Desa Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (23/7/2019).

Sementara itu, Frida selaku Ketua
Millenials Berdikari menjelaskan kegiatan CSR di Desa Tanjung Burung ini didasarkan karena desa ini merupakan desa yang terletak berdekatan dengan Sungai Cisadane. Lokasi tersebut rupanya tidak terlalu menguntungkan bagi masyarakat Desa Tanjung Burung karena sungai tersebut merupakan tempat bermuaranya sampah rumah tangga maupun limbah pabrik. Akibatnya lingkungan tercemar dan menimbulkan bau yang tidak sedap serta berdampak terhadap rentannya warga terkena penyakit.

“Semoga Millennials Berdikari Go To Tanjung Burung ini dapat membantu masyarakat agar bisa menjadi lebih baik melalui perbaikan ekosistem lingkungan dan edukasi peternakan untuk memberikan pemahaman serta kemampuan masyarakat Desa Tanjung Burung khususnya di bidang peternakan ayam,” kata Frida.

Ia memaparkan kegiatan CSR di Tanjung Burung ini meliputi edukasi peternakan yang melibatkan ratusan masyarakat dan peternak rakyat yang ada di Desa Tanjung Burung, serta stakeholder lainnya dari PT. Berdikari, Kelompok Stacia Hijau (KSH) dan Remaja Tabur Mangrove.

“Edukasi peternakan ini berisikan pemahaman masyarakat tentang tata cara beternak, pemberian pakan, merawat dan memelihara hewan ternak, khususnya ayam,” jelas Frida.

Ia menambahkan, di dalam kegiatan CSR ini pihaknya juga memberikan donasi sebesar Rp 10 juta untuk perbaikan mushala serta perbaikan sarana dan prasana untuk Remaja Tabur Mangrove di desa tersebut.

Foto bersama di Desa Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (13/7/2019).

Kegiatan lainnya adalah menanam tanaman di lahan mangrove dan menabur ribuan benih ikan bandeng.

“Di sisi pulau ditanam bibit mangrove, sedangkan di tengah pulau disebar benih ikan bandeng. Ikan bandeng ini nantinya bisa dijadikan sebagai mata pencaharian tambahan warga Desa Tanjung Burung,” ungkap Frida.

Ditambahkan pula oleh Kepala Desa Tanjung Burung, Idris Efendi bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan Millennilas Berdikari yang bekerjasama dengan Remaja Tabur Mangrove dan berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan semua yang sudah berkenan hadir ke Desa Tanjung Burung,” tutur Idris. @Rudi