Antisipasi Kerawanan, Gelar Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2016

img_20161121_090918KANALINDONESIA.COM : Kepolisian Resort ( Polres) Ponorogo menggandeng Forpimda dan semua bakal calon kepala desa menggelar deklarasi damai Pilkades serentak, Senin (21/11/2016) di gedung Sasana Praja Ponorogo.

Dalam Pilkades yang akan digelar di 26 desa dengan rincian 23 melalui pilihan langsung, dan 3 desa melalui musyawarah tokoh desa.

“Sejogjanya masyarakat siap, sehingga para calon juga lebih siap,”ucap Kapolres Ponorogo AKBP Harun Yuni Aprin.

Menurutnya, Ponorogo dalam pesta  demokrasi yang tertua di Indonesia ini sudah sangatkah dewasa, sehingga harus tetap bisa menjaga dengan membuat suasana damai.

“Semoga semua bisa menjaga komitmen untuk menjalankan Pilkades serentak dengan damai, lancar dan bagi calon yang terpilih bisa endidik dan memimpin masyarakat,”ucap Kapolres.

Ditambahkanya, saat ini desa menerima kucuran dana yang cukup besar dari pusat, bisa jadi nenjadikan animo masyarakat jauh lebih besar, sehingga menimbulkan potensi kerawanan.

“Komitmen atau deklarais ini jangan hanya dianggap sebagai peristiwa formalitas belaka,”pesan Kapolres.

Sementara itu, Bipati Ponorogo Ipong Mukhlisoni ditemui sejumlah awak media mengatakan, jika beberapa desa yang tidak meloloskan calon tidaklah masalah.

“Kita hargai para calon yang mengambil jalur hukum melalui PTUN yang disediakan pemerintah yang terkait dengan keputusan publik ini,”ucap Bupati Ipong.

Disebutkan Ipong, tiga desa yang pemilihannya melalui musyawarah tokoh tersebut karena adanya PAW yang masih memiliki sisa masa bakti diatas 1 tahun, sedangkan untuk yang kurang dari satu tahun tetap diselenggarakan pilihan langsung.

“Jadi sesuai aturan yang PAW dan sisa waktunya kurang dari 1 tahun harus ikut pilihan langsung,”ucap Bupati Ipong.(AD)