SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus mendorong upaya optimalisasi peran Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di seluruh level tingkatan Pemerintah Daerah mulai dari Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten/Kota.

Kedeputian Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB melalui Direktorat Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Alam yang dipimpin oleh Direktur Andi Eviana, mengimplementasikan upaya tersebut melalui berbagai kegiatan langsung di lapangan. Salah satunya dengan menyerahkan bantuan masker kepada masyarakat di beberapa desa/kelurahan seperti Desa Sawotratap di Kecamatan Gedangan, Desa Tambaksawah di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, kemudian Kelurahan Margorejo di Kecamatan Wonocolo dan Kelurahan Genteng di Kecamatan Genteng, Kota Surabaya pada Senin (26/7).

Beberapa lokasi yang dipilih tersebut memiliki daya tarik bagi para pendatang untuk mendirikan usaha dan menjadi sentra perekonomian di tengah permukiman padat penduduk yang hingga saat ini terkena dampak pandemi COVID-19. Pembagian masker ini akan mendukung arahan Presiden agar usaha rakyat kecil dapat mulai dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, masker juga diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur sebanyak 50 ribu lembar. Bantuan masker tersebut kemudian akan didistribusikan ke 12 Kabupaten/Kota yang menjalankan PPKM Level 4 di Provinsi Jawa Timur.

Melalui kegiatan distribusi masker sebagai bagian dari optimalisasi posko PPKM Mikro, masyarakat bisa mendapatkan masker secara langsung dan gratis sesuai dengan yang dibutuhkan. Dari sini, diharapkan masyarakat dapat semakin memahami dan lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19.

Melalui upaya tersebut, diharapkan roda perekonomian dapat tetap berjalan akan tetapi upaya menekan laju penularan Covid juga bisa optimal. Pemerintah tentunya tidak dapat bekerja sendiri dalam mengendalikan pandemi COVID-19 tanpa dukungan dari masyarakat sebagai garda terdepan.

“Roda perekonomian harus tetap berjalan seiring dengan penerapan protokol kesehatan yg ketat dengan pengawasan dari semua jajaran posko PPKM merupakan upaya penting dalam Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” jelas Evi.

Selain distribusi masker, penanganan COVID-19 yang dilakukan oleh Posko PPKM di tingkat desa/kelurahan juga dijalankan melalui berbagai kegiatan meliputi, menyiapkan shelter sebagai tempat isolasi mandiri, menyiapkan tenaga kesehatan, pemenuhan kebutuhan vitamin dan obat-obatan serta tabung oksigen.

Dengan dukungan dari hulu ke hilir ini, maka diharapkan dapat segera memutus mata rantai penularan COVID-19 di Tanah Air dan pemulihan ekonomi dapat segera dijalankan.

---------Ikuti Chanel youtube: KanalindonesiaTv ---------- ----------------------------------------------------------------

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here