Belajar Seni Budaya Lewat Batik Tulis

PNS Polres Gresik belajar membatik
PNS Polres Gresik belajar membatik

KANALINDONESIA.COM : Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan memberdayakan anggota PNS Polres Gresik khususnya bagi PNS wanita. Dalam Hal ini Kapolres bekerja sama dengan Ibu Ernawati, seorang owner dari Batik “Erna Surodinawan” seorang pengajin batik asal Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Kegiatan pembelajaran batik sebagai Seni tradisi Indonesia ini dilakukan di Aula Mapolres Gresik dengan diikuti oleh 25 anggota PNS Wanita Polres Gresik dan dibawah naungan Kabag Sumda Polres Gresik Kompol Sulis.

Pembelajaran batik tulis ini meliputi pengenalan alat-alat batik yang berupa kain katun, canting, malam, wajan, kompor kecil, gawangan, pensil, dan pewarna. Ernawati menuturkan bagian-bagian serta fungsi masing-masing alat, setelah itu dilanjutkan dengan materi teknik-teknik membatik berikut juga tata cara penuangan ide dalam gambaran kain batik.

Setelah pemberian teori usai, maka anggota PNS segera melakukan proses membatik yang diawali dengan menggambar pada kain katun yang disediakan menggunakan pensil.

Tujuan utama dilakukannya pembelajaran kerajinan batik ini adalah, harapan Kapolres Gresik agar anggotanya memiliki keterampilan yang unggul sehingga mampu menciptakan usahawan kelak di masa purnanya.

“Tidak hanya sekedar bekerja, kami akan melakukan segala upaya untuk mengembangkan minat dan bakat anggota. Terutama dalam hal pembekalan untuk masa purna” terang Kapolres Gresik.

Kegiatan yang dilakukan dengan tujuan pemupukan minat serta bakat ini difungsikan mampu mencetak anggota PNS yang terampil dan mampu membuka bidang usaha Batik di kedepannya. Kabag Sumda sendiri sangat mendukung sekali program pembinaan anggota oleh Kapolres Gresik.

“Kegiatan pembinaan minat dan bakat sejenis ini akan sangat berguna bagi anggota di masa purna, syukur-syukur dipergunakan ilmunya saat sudah purna. Jadi bisa buat Butik Batik sendiri” Tutur Kabag Sumda Polres Gresik.

Para anggota PNS pun sangat antusias mengikuti pelatihan membatik. Hal tersebut dapat diketahui dari cara mereka yang cepat tanggap dalam menerima materi yang diberikan oleh Ibu Erna.

“Semoga kegiatan serupa dapat berlanjut ya ndan, kami ya seneng kalau ada pelatihan begini. Selain kami tahu teknik membatik, pembelajaran ini juga sebagai sarana refreshing” ungkap salah satu anggota PNS Sat Intelkam Pengda Rini. (lan)