TMMD 105 di Trenggalek, Warga Gotong Royong Bantu Angkat Kayu

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Kapten Inf. Sadikun, Komandan Rayon Militer(Danramil) Kampak, Kodim 0806 Trenggalek, Jawa Timur, mengajak kepada warga setempat untuk membantu mengangkat kayu atap rumah milik Murtini, (52), perempuan warga Dusun Kalitelu, Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Trenggalek.

Nampak atap rumah, salah satu Rumah Tidak layak Huni (RTLH) yang menjadi sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 ini sisa bangunan lama sedang dibersihkan.

Sedangkan yang baru diangkat naik ke atas rumah. Kemuduian pemasangan rangka atap rumah dikerjaan.

Bersama Satgas TMMD, berjibaku menaikkan kayu seberat sekitar 100 Kilogram itu.

Bahkan juga puluhan Satgas TMM mengangkat kayu dari bawah. Beratnya kayu menjadi sedikit kendala, sebab, rumah Murtini menggunakan kayu jenis Jati terbaik.

Kapten Inf. Sadikun mengatakan progres menaikkan kayu ini sudah menjadi tradisi.Dimana banyak warga sekitar yang ikut bergotong royong.

“Banyak warga ikut andil gotong royong,”katanya,Kamis,(1/8) di Trenggalek.

Program TMMD itu katanya, dilaksanakan tiga kali dalam setiap tahunnya.

“Dulu dalam setahun hanya sekali, tapi untuk saat ini sudah ditambah,” paparnya.

Harapannya semua kegiatan pelaksanaan, baik secara fisik dan maupun nom fisiknya diharapkan bisa bermanfaat.

“Semua kegiatan TMMD harus manfaat,” harapnya.

Melihat semangat dan kerja keras Satgas TMMD 105 di Kecamatan Bendungan ini Murtini senang. Bahkan ketika mendengar rumahnya akan dibedah melalui kemanunggalan masyarakat bersama TNI yang bersinergi dengan pemerintah.

“Jujur saya senang dengan dibantu tentara ini,”ucapnya.

Kini dirinya sudah tenang menghuni rumahnya yang baru. Bersama keluarga kecilnya, rumahnya sudah bak istana megah ketika dilihat dari kejauhan pengerjaan atap rumah meski sedang dikerjakan.

“Alhamdulillah rumah saya sudah bagus,”ungkapnya.

Kayu untuk atap rumah milik Murtini, sedang proses dinaikkan ke bagian atas rumah. Kuda -Kuda yang akan dipergunakan untuk tatakan kayu Reng dan Suk itu secepatnya dinaikan.

Kapten Sadikun tidak segan terjun dan membantu anggota satgas dan masyarakat yang tengah bekerja. Murtini merupakan sekian dari warga penerima bantuan bedah rumah RTLH program TMMD 105 di Kabupaten Trenggalek.(ham)