UNISLA Gelar Program Kerja Pengolahan Produk Hasil Perikanan

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Lamongan melakukan program kerja pengelolahan produk hasil perikanan di Desa Gambuhan Kec. Kalitengah, Sabtu (03/08/2019). Upaya ini dilakukan sebagai wujud pengembangan potensi perikanan pada pengolahan dan peningkatan produktivitas serta pendapatan dengan integrasi ke akses pasar yang lebih luas.

Kepala Desa Gambuhan, bapak Moh Yasin Fuad menyebutkan, kegiatan ini sangat cocok untuk desa Gambuhan, mengingat wilayah desa yang dikelilingi oleh tambak terlebih sebagian besar pendapatan masyarakat dari tambak perikanan.

“Kami berterima kasih kepada adik – adik KKN UNISLA yang telah mengupayakan untuk melakukan pelatihan produk perikanan” tuturnya dalam sambutan.

Pengolahan produk hasil perikanan, dimaksudkan untuk menggali potensi desa yang secara nilai jual tidak berbentuk ikan utuh tapi berbentuk olahan yang memiliki nilai jual yang lebih mahal. Ini menjadi konsentrasi Mahasiswa KKN khususnya Mahasiswa Fakultas Perikanan yang juga anggota dari peserta KKN di Desa Gambuhan.

Dekan Fakultas Perikanan Ibu Endah Si Prihatini yang juga hadir pada pelatihan tersebut menegaskan bahwa mahasiswa harus mempunyai gagasan untuk memanfaatkan potensi desa.

“kami mengharapkan mahasiswa kami menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi mumpuni” tegasnya.

Kegiatan ini diikuti 30 peserta dari Ibu – Ibu PKK Desa, dengan mendatangkan 2 pemateri yakni, Ibu Sumiarsih selaku Owner UKM SBY Corporation, Kecamatan Sukodadi dan Ahmad Nuruddin selaku desaigner muda. Masing – masing memaparkan materi pengolahan ikan menjadi Nugget sayur dan pengemasan modern.

Jurnalis : Omdik/Rouf

Kabiro    : Ferry Mosses