Dandim 0803/Madiun Berniat Asuh Bayi Yang Ditemukan Warga Kebonsari

img-20161124-wa0028KANALINDONESIA.COM : Warga Dusun Bangunrejo, Desa Rejosari, Kecamatan Kebonsari dikejutkan dengan ditemukanya sesosok bayi mungil di sebuah mushola setempat, Kamis(24/11/2016) pagi.

Ditemukanya bayi yang diperkirakan berumur 3 bulan tersebut bermula saat Khudori warga setempat mendengar suara tangisan bayi. Merasa penasaran, Khudoripun langsung mencari asal suara tersebut, yang ternyata setelah dekat dan ditemukan ada sesosok bayi mungil dibungkus selimut, dan didekatnya ada satu botol susu hangat serta sepucuk surat.

“Saya saat masuk mushola belum ada apa pun, sejurus itu saya adzan subuh. Usai adzan itulah terdengar tangisan bayi, lalu saya datangi dan ada sesosok bayi. Bayi itu kemudian diketahui berjenis kelamin perempuan,”jelas Khudori.

Ia mengatakan saat ditemukan didekatnya ada sebotol susu bayi yang masih hangat, itu berarti bayi saat diletakkan diteras tidak lama berselang atau saat adzan.

“Memang sempat terdengar ada motor berhenti sebentar, lalu pergi lagi. Saya tidak menyangka ada bayi ditinggal,”terangnya.

Atas temuan itu, dilaporkan kepada perangkat RT, selanjutnya diteruskan kepada Babinsa, Kamtibmas dan perangkat desa.

Ada sepucuk surat tertulis dalam bahasa Jawa halus dan nama si bayi “Zahira Miftakhul Ilna”  usia 3 bulan.

Isi surat “Saya mengucapkan terima kasih kepada siapa pun merawat anak ini. Saya tidak bermaksud mrembuang anak ini, tapi akibat keterbatasan ekonomi. Saya mohon maaf, semoga Allah selalu melimpahkan rezeki berlimpah.”

Terpisah, Kapolsek Kebonsari AKP Edy Rianto menyatakan pihaknya masih mencari keterangan sejumlah saksi, diduga bayi dibuang beberapa waktu lalu.

“Bisa jadi ditinggal diteras musholla saat muadzin tengah adzan,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0803  Madiun Letkol Inf Rachman Fikri membenarkan mengasuh anak itu. Setelah menerima laporan dari Danramil Kebonsari ada bayi perempuan dibuang di teras musholla, ada keinginan mengasuh.

“Ya, saya akan asuh anak itu, setelah semuanya selesai dan segala persyaratan terpenuhi. Saya sudah sampaikan hal itu kepada istri, ternyata gayung bersambut atau setuju. Semoga bisa terwujud,” ujar Dandim 0803 Madiun.