Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah.(FOTO: Dinas Kominfotik NTB)

MATARAM, KANALINDONESIA.COM: Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd mengajak semua pihak untuk gotong royong menangani pandemi Covid-19 serta disiplin menerapkan protokol kesehatan ditengah lonjakan kasus yang terjadi.

“Tugas bersama kita mencegah dan memutus matarantai Covid-19 yang sedang melanda kita,” kata Wagub pada rapat evaluasi dan koordinasi PPKM Mikro dan penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Selasa (27/7/2021).

Ditegaskannya, penanganan pandemi bukan hanya tugas sektor kesehatan, TNI/Polri dan pemerintah saja.

“Namun harus ada tanggungjawab moral bersama termasuk masyarakat, baik itu alim ulama, tokoh agama, akademisi dan semua komponen untuk ikut serta bersama bergotong royong hadapi virus corona ini,” tegasnya.

Diakuinya pemerintah bekerja dengan semaksimal mungkin untuk melindungi masyarakat. Sehingga segala aktifitas dan kehidupan berjalan normal dan produktif.

Kesadaran secara kolektif untuk membangun kebersamaan dan empati harus terus digelorakan.

Berbagai upaya mencegah penyebaran covid, dengan penerapan PPKM Mikro yang membatasi aktifitas masyarakat semata untuk melindungi masyarakat.

Bila semua taat prokes dan aturan serta himbauan, maka semua kegiatan dan aktifitas tidak akan diperketat dan dibatasi.

“Begitupun dengan disiplin menjaga prokes pada semua bentuk kegiatan maka pandemi ini akan segera berakhir,”tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi, M.Si menambahkan bahwa keberhasilan penanganan kasus Covid-19 harus dengan sinergitas semua pihak untuk bekerjasama dengan pemerintah.

“Termasuk masyarakat, tokoh agama, pemuda dan jajaran Pemerintah Desa hingga Kabupaten/kota,” kata Miq Gite sapaannya.

Salah satu ikhtiar untuk mencegah Covid adalah dengan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tetap taat mengikuti Prokes pada setiap kegiatan masyarakat dan mendukung Pemerintah dalam mensukseskan PPKM Berbasis Desa.

“Selain itu, kerjasama dan koordinasi dengan Kabupaten/Kota juga harus diperkuat,”jelas Sekda.

Ia juga mengingatkan jajaran OPD Pemrov NTB agar memberikan contoh kepada masyatakat tentang pemberlakuan PPKM Mikro.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Asisten 1, 2 dan 3 Setda, Kepala Kemenag NTB, Kadis Kominfotik, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan, Kasat Satpol PP dan Kepala OPD terkait serta TNI/Polri.(*)

-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here