PMII Tuntut Kejari dan Pemkab Bangkalan Tuntaskan Kasus Korupsi

masa PMII tuntut tuntaskan semua kasus korupsi ( foto : Yans_KIcom)
masa PMII tuntut tuntaskan semua kasus korupsi ( foto : Yans_KIcom)

KANALINDONESIA.COM : Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pengurus Cabang PMII Bangkalan menggelar unjuk rasa (unras) ke Pemkab Bangkalan, Kamis(24/11/2016).

Mereka menuntut agar beberapa kasus korupsi yang terjadi di lingkungan SKPD Pemkab Bangkalan, seperti kasus korupsi barang dan Jasa senilai Rp 3,2 miliar di Bagian Umum Setda Bangkalan, korupsi proyek Taman Paseban sebesar Rp. 525 juta, kasus korupsi pembuatan jalan kembar ring road barat sebesar Rp 422 juta dan korupsi Program Verifikasi dan Fasilitasi Kebutuhan RTS Feminisasi Kemiskinan Rp. 2.500.000/KK, segera dituntaskan.

“Kami minta 4 kasus korupsi diatas secepatnya dituntaskan. Kemana Bupati Bangkalan kok jarang masuk kantor dan selama ini tidak mau menemui  para unras?,” nya korlap aksi Bahirudin, Kamis, 24/11/2016.

Wabup Bangkalan,Mondir Rofi’i yang menemui puluhan pengunjuk rasa didepan pintu gerbang kantor Pemkab. Bangkalan menjelaskan bahwa Bupati Bangkalan sedang dinas luar dan berjanji akan menyampaikan tuntutan para pengunjukrasa dari PC PMII Bangkalan. Kemudian Wabup Bangkalan langsung meninggalkan pengunjuk rasa.

Karuan saja para unras yang merasa tidak puas terhadap penjelasan  Wakil Bupati Bangkalan tersebut. Hendak menggembok pintu pagar Pemkab Bangkalan sebagai simbolis kantor bupati tidak berfungsi lagi. Tetapi aparat Polres Bangkakan tidak mengizinkan sehingga terjadi aksi saling dorong antara polisi dan massa unras.

Apresiasi unras PMII Bangkalan kemudian dilanjutkan ke kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan.

Selain melakukan orasi dan theatrikal di halaman kantor Kejari Bangkalan PMII Bangkalan menyampaikan beberapa tuntutannya kepada Kejari Bangkalan, diantaranya, agar komitmen Kejari Bangkalan memberantas korupsi di Kabupaten Bangkalan secepatnya direalisasikan.  Membatalkan keputusan mutasi Kasi Pidsus Kejari Bangkalan yang tengah  menangani kasus korupsi. Bongkar mafia birokrasi dan  bongkar loby-loby penegak hukum di Kabupaten Bangkalan yang berbau korupsi.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan negeri (kajari) Bangkalan berjanji akan menuntaskan kasus korupsi yang terjadi di Bangkalan.

“Secepatnya kami akan menuntaskan kasus-kasus korupsi yang sedang terjadi dan akan ditangani sesuai prosedur, “ pungkasnya. (Yans).