Merasa Mampu, Warga di Lamongan Mengundurkan Diri dari Penerima PKH

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Satu persatu kesadaran masyarakat akan pemahaman terhadap Program Keluarga Harapan (PKH) semakin tinggi. PKH yang dihadirkan pemerintah sebagai salah satu program bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu diharapkan bisa dijadikan solusi untuk mengurangi angka kemiskinan di negara ini.

Kesadaran masyarakat tersebut dibuktikan dengan satu persatu penerima bantuan dari PKH mengajukan pengunduran diri dari kepesertaannya. Pengunduran diri tersebut dinyatakan melalui surat yang bermatrei dan diserahkan kepada pendamping PKH di wilayah tersebut.

Salah satu keluarga penerima manfaat dari PKH yang mengundurkan diri tersebut adalah Suwito. Keluarga yang tinggal di RT 03/RW 02 Dusun/Desa Canditunggal, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan ini menyatakan mundur dari penerima manfaat PKH pada Selasa (6/8/2019).

Baca:  Komunitas Langsung Enak Bali Dewata, Tidak Hanya Kopdar Tapi...

Sultoni Kharis selaku pendamping PKH menyapaikan peserta PKH yang sudah Sejahtera selayaknya mengundurkan diri dari kepesertaan PKH.

“Program PKH ini tidak selamanya diterima oleh penerima manfaat karena suatu saat bisa non aktif dari kepesertaanya salah satunya adanya Graduasi mandiri (sudah sejahtera dan mandiri) dan bisa juga non aktif karena sudah tidak ada Komponen PKH (tidak ada syarat di Faskes maupun Fasdik),” kata Kharis.

Kharis juga menambahkan pihaknya memang mengharapkan agar penerima PKH yang sudah merasa mampu untuk mengundurkan diri, sehingga bantuan itu bisa diberikan kepada yang lebih berhak.

“Ini memang yang kita harapkan bagi keluarga penerima PKH ataupun penerima bantuan sosial yang masuk di BDT tapi sudah mampu memberdayakan diri, naik level, dan sudah merasa mampu sebaiknya dengan kesadaran penuh dirinya mengundurkan diri. Haknya nanti diberikan kepada warga lainnya yang lebih berhak,” jelasnya.

Baca:  Ratusan Sembako dan Ribuan Masker Dibagikan Satlantas Polres Sampang di Puncak Hari Jadi Lalu Lintas ke-65

Dengan mundurnya satu penerima PKH atas kesadarannya sendiri itu, ia merasa bersyukur dan mendoakan agar keluarganya lebih berkah dan rezekinya melimpah.

Jurnalis : omdik/rouf
Kabiro : ferry mosses