KTH Arga Lestari Desa Selur Ponorogo Raih Juara 2 Lomba Wana Lestari Tingkat Nasional

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Kelompok Tani Hutan (KTH) Arga Lestari Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo, Jatim berhasil meraih juara dua lomba wana lestari tingkat nasional yang digelar Kementrian Lingkungan Hidup.

KTH Arga Lestari sebelumnya telah berhasil meraih juara pertama ditingkat provinsi dan berhak mewakili Provinsi Jawa Timur untuk maju di tingkat nasional.

Dari seluruh perwakilan masing masing provinsi yang telah dilakukan penilaian dan verifikasi, Kelompok Tani Hutan Arga Lestari  masuk nominasi terbaik bersama kelompok Tani Hutan yang berasal dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Bali

“Salah satu kategori peserta adalah KTH. Yaitu Kelompok Tani Hutan dimana dari hasil seleksi KTH yang ada di Propinsi Jawa Timur akhirnya terseleksi KTH Arga Lestari Selur menjadi Peringkat 1 Jatim,”ucap Prapto, Kepala Desa Selur saat dihubungi kanalindonesia.com melalui sambungan telephune seluler.

Ditambahkan Prapto,”dari hasil seleksi tingkat provinsi tersebut, akhirnya menjadi duta Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti seleksi dan penilaian yang diadakan oleh Kementerian LHK dan bersaing dengan provinsi lain se Indonesia,”imbuhnya.

Disebutkan Prapto, Kelompok Tani Hutan Arga Lestari memiliki program  unggulan yaitu sadap pinus hutan rakyat, peternakan dan UMKM ini mampu mengantarkan KTH Arga Lestari Selur terpilih terbaik ke 2 lomba Wana Lestari Tingkat Nasional.

Dengan keberhasilan meraih juara terbaik ke dua tingkat nasional tersebut, perwakilan KTH Arga Lestari bersama-sama dengan para pemenang lomba dan penerima Apresiasi Wana Lestari akan mendapat penghargaan dari Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Pemberian apresiasi tersebut disesuaikan dengan tema HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 ini yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju, dimana Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) KLHK terus mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dan handal. Pemenang lomba dan penerima Apresiasi Wana Lestari ini terbagi menjadi 12 kategori.

“Keduabelas kategori yang terdiri sari 45 Champions ini kalau dilihat mereka sebenarnya merupakan orang-orang yang menggetarkan dunia pembangunan sektor kehutanan, kita sudah siapkan Champions yang benar-benar punya prestasi di lapangan,” ujar Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) KLHK, Helmi Basalamah saat memberikan keterangan persnya, di Jakarta, (15/08/2019).

Para pemenang dari 12 kategori ini nanti selain menerima penghargaan, juga akan mendapat kesempatan mengikuti rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 74, yaitu:
1. Sidang bersama DPD-DPR RI pada tanggal 16 Agustus 2019.
2. Penyerahan penghargaan berupa piala dan piagam penghargaan oleh Menteri LHK, pada tanggal 16 Agustus 2019 di Arboretum Ir. Lukito Faryadi, MSc, Gedung Manggala Wanabakti.
3. Mengikuti upacara Detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun RI ke 74, tanggal 17 Agustus 2019 di Istana Negara, bagi para teladan terbaik.

Rangkaian pemberian penghargaan pada Pemenang Lomba dan Penerima Apresiasi Wana Lestari 2019 ini juga akan diisi dengan Temu Karya, Temu Usaha dan Pameran Kopi Hutan Produk KTH di Arboretum Ir. Lukito Faryadi, MSc, Gedung Manggala Wanabakti.

Pertemuan-pertemuan ini digelar sebagai wadah tukar informasi dan pengalaman para pelaku pembangunan di tingkat tapak untuk semakin mengembang upaya dan usahanya memajukan sektor kehutanan masyarakat, serta menyebarkan semangat enterpreneurship dari sektor kehutanan khususnya kopi, kepada generasi muda, demi kemajuan sektor kehutanan Indonesia.(red)