Pemulung dan Pasukan Kuning Upacara HUT RI di TPA Ngipik

KANALINDONESIA.COM, Gresik Ratusan orang dari unsur pasukan kuning (tukang kebersihan) pemulung dan abang becak, mengelar upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngipik Gresik, Sabtu (17/8/2019).

Mudjib (41) salah seorang pemulung menyatakan bahwa kegiatan upacara dilakukan itu. Sebagai, bentuk rasa ikut berbangga atas kemerdekaan yang diraih bangsa dan negara Indonesia.

“Kami bangga sebagai bangsa Ibdonesia, untuk itu pada HUT ke 74 Kemerdekaan RI ini. Kita mengelar upacara layaknya upacara yang biasa dilakukan pada setiap tanggal 17 Agustus,” ujarnya.

“Inisiator kegiatan ini murni dari kita sendiri, tidak ada yang menyuruh. Karena, kami sadar kemerdekaan yang diraih bangsa dan negara ini tidak mudah dan penuh dengan perjuangan baik jiwa maupun raga. Sehingga wajib kita kenang dan renungkan,” tuturnya.

Sementara, Zumrotun (37) salah seorang tukang kebersihan (pasukan kuning), ia mengaku sangat senang dengan apa yang telah dilakukannya bersama rekan-rekan seprofesinya hari ini. Karena, bisa ikut melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan RI.

“Saya senang sekali bisa melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74, ditempat yang biasanya seya tempati untuk melakukan aktifitas pekerjaan sehari-hari. Ini yang membuat saya, bangga, haru dan senang bercapur aduk,” ungkapnya.

Pantauan langsung dilapangan, pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 yang dilakukan pasukan kuning, pemulung dan abang becak itu. Berlangsung dengan khidmat dan penuh makna, karena dilokasi yang tidak biasa.ria