Jaga Keutuhan NKRI, Sirmaji Getol Sosialisaikan Empat Pilar Kebangsaan

Sirmaji saat mensosialisasikan empatk pilar kebangsaan di kantor DPC PDIP Ponorogo ( foto : KIcom)
Sirmaji saat mensosialisasikan empatk pilar kebangsaan di kantor DPC PDIP Ponorogo ( foto : KIcom)

KANALINDONESIA.COM : Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan yang berangkat dari Dapil 7 Jatim Sirmaji menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan bagi kader PDIP di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Ponorogo, Minggu (27/11/2016).

“MPR selalu memerintahkan kepada semua anggotanya untuk melakukan sosialisasi Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,”ucap Sirmaji di hadapan puluhan kader PDIP Ponorogo.

Disebutkanya, sosialisasi ini sangatlah perlu, karena saat ini terlihat berita di media dan yang beredar di medsos bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan bangsa yang memegang prinsip Bhineka Tunggal Ika sedang diuji.

“Dalam kontek NKRI penegakan hukum haruslah melalui hukum, bukan dengan demo-demo dan paksa memaksa, itu sudah mengingkari nilai-nilai Pancasila dan UUD 45,”ucapnya.

Untuk itu, dikatakanya, PDI Perjuangan mulai dari tingkat paling bawah sampai pusat haruslah loyal, komitmen dan memiliki pemikiran dengan mental yang kuat, sikap prilaku harus senantiasa diletakkan dalam rel Pancasila.

Menurutnya, reformasi selama ini sudah kebablasan, sehingga membuat negara Indonesia menjadi jauh lebih liberal dibanding dengan Amerika Serikat.

“Pancasila haruslah kita sosialisasikan terus, tidak hanya dengan kata-kata tapi juga dengan prilaku kesehari-hari dalam mengatasi keadaan, karena sejak reformasi itu sudah keblablasan, sehingga dalam demokrasi kita lebih liberal dari Amerika. Terlebih saat ini rakyat lebih cenderung individualis dan gotong-royong sudah menurun,”terangnya.

Disampaikanya,”kalau kita mau menggali Pancasila kita harus melalui perjuangan yang tidak hanya dengan kata-kata tapi dengan melalui sikap, prilaku dan tindakan,”tegasnya.

Ditegaskanya, saat ini sila kelima dari Pancasila menjadi pertaruhan, karena kondisi ekonomi yang masih timpang, belum imbang, belum memenuhi keadilan yang merata, untuk itu Sirmaji menghimbau kepada semua kader PDI untuk selalu siap menjaga NKRI dari rongrongan pihak-pihak tertentu.

“Dengan perjuangan, apabila negara memanggil, untuk buka dada menghadapi segala upaya yang akan merongrong NKRI, maka kita harus siap,”tegasnya. (AD)