Upacara Detik-detik Proklamasi di Trenggalek Berlangsung Khidmat

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Upacara Detik-Detik Prokalamasi Kemerdekaan RI dalam rangka peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI di Halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha Pemkab Trenggalek berlangsung khidmat.

Menjadi Inspektur Upacara (Irup), Bupati H Moch Nur Arifin, menegaskan detik-detik Proklamasi ini membuat Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bermartabat dan tidak dapat dibelenggu dari negara lain.

“Para pendahulu kita telah berjuang mati-matian untuk merebut kemerdekaan,”tegasnya.

Dikatakannya, mereka (pahlawan-red) rela kucurkan darah atau tetesan air mata nyawa, untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Pada tanggal 17 Agustus 1945, atas dorongan para pemuda Proklamator kita Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta, memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia di mata dunia.

“Saat itu negara kita tercinta Indonesia ini, dibahas oleh dunia sebagai negara yang merdeka, berdaulat dan bermartabat,”katanya.

H Mochamad Nur Arifin juga berkesempatan mengucapkan , selamat Dirgahayu ke 74 Kemerdekaan RI.

“Dari Kabupaten Trenggalek semuanya terus maju Indonesia, kita harus tetap berjuang, perjuangan belum selesai meskipun kita sudah merdeka karena masih banyak yang harus kita merdekakan, baik dari sisi ekonomi sosial, terus berperanlah untuk masyarakat,” sambutnya dengan lantang.

Dalam upacara detik-detik proklamasi ini Sang Saka Merah Putih berhasil dikibarkan dengan sempurna oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Trenggalek tahun 2019.

“Alhamdulillah petugas pengibar bendera lancar, semoga penurunannya nanti juga sama lancarnya,”harapnya.

Selain itu, fragmen perjuangan juga ditampilkan dalam upacara itu bersamaan apresiasi dengan hadirnya mantan bupati yang pernah menjabat dan memimpin Trenggalek mulai decade 70 tahunan.
Setelah pengibaran bendera dan doa Inspektur upacara dibuka untuk duduk di kursi kehormatan. Para tamu undangan dihibur dengan ‘Obade’ yang dipersembahkan oleh Paduan Suara Bahana SMADA Jaya Trenggalek.

“Paduan suaranya juga rancak dan padu,”pungkas Moch Nur Arifin.(ham)