Peringati HUT RI ke 74, Polres Lumajang Buat Film Sejarah Perjuangan Iptu Jama’ari Rebut Kemerdekaan 

LUMAJANG, KANALINDONESIA.COM: Tepat hari ini, 74 tahun yang lalu bangsa Indonesia melalui Ir. Sukarno dan Muhamad Hatta memproklamirkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Tak sedikit nyawa melayang demi berdirinya sebuah bangsa yang besar, Republik Indonesia yang seperti saat ini.

74 tahun juga bukan waktu yang pendek bagi bangsa ini untuk terus berbenah dan menghadapi perubahan zaman. Namun demikian, jasa para pahlawan tak boleh dilupakan begitu saja. Berbagai cara juga dilakukan oleh pemerintah agar perjuangan para pahlawan tak lenyap begitu saja ditelan bumi, seperti memasukan sejarah Indonesia kedalam kurikulum pendidikan serta banyak menerbitkan buku tentang perjuangan pejuang kemerdekaan.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban menyampaikan,”dalam memperingati HUT RI ke 74, mari kita mengenang jasa para pahlawan dalam memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia,”ucapnya.

Dijelakanya,“salah satu cara yang kami lakukan dalam memperingati HUT RI ke 74 dengan membuat film sejarah perjuangan Iptu Jama’ari dalam merebut kemerdekaan di wilayah Kabupaten Lumajang Jawa Timur,”terang AKBP Arsal.

Dikatakan Kapolres AKBP Asal,”pesan yang ingin disampaikan dalam film ini walau jiwanya harus terenggut dalam perang kemerdekaan, tapi darah, keringat, air mata dan semangatnya tetap hidup memberikan inspirasi bagi kita dalam mengisi kemerdekaan.” ujar AKBP Arsal.

Iptu Jama’ari sendiri adalah seorang anggota Mobrig (sekarang Brimob) yang dalam usahanya mempertahankan kemerdekaan Indonesia, harus gugur bersama beberapa orang anggotanya di sekitaran Monumen Perjuangan Desa Tumpeng, Kabupaten Lumajang.

Film dengan judul ‘LUMAJANG MEMBARA’ ini dibuat secara kolosal, dengan para pemain dari Tim Cobra Polres Lumajang bersama komunitas Sahabat M.A.S serta bagian cinematografi dari pohong cinema yang merupakan cineas muda berbakat dari Lumajang.(red)