Bupati Trenggalek Bagikan Remisi Warga Binaan Rutan

TRENGALEK, KANALINDONESIA.COM: Peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Trenggalek, Jawa Timur, ada 194 orang warga binaan yang mendapat remisi berdasar SK Kemenkum HAM RI, Sabtu,(17/8).
H Moch Nur Arifin, Bupati Trenggalek didampingi Kepala Rutan Klas IIB Trenggalek, Dadang Sudrajat mengatakan , dari 194 orang warga binaan, yang mendapat remisi , ada 14 orang yang langsung bebas.
“Di HUT ke 74 Kemerdekaan RI ini ada warga binaan yang langsung bisa menghirup udara bebas,”ucapnya.
Sesuai rincian potongan 1 bulan sebanyak 82 orang, potongan 2 bulan 60 orang, potongan 3 bulan 28 orang, potongan 4 bulan 17 orang dan potongan 5 bulan sejumlah 7 orang.
“Berbagai macam potongan tahanan,”rincinya.
Prosesi remisi, terhadap para warga binaan diserahkan langsung oleh Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin di dalam Rutan Trenggalek, bersama jajaran Fokopimda dan Ka Rutan Trenggalek berserta anggota.
” Tadi usia melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di halaman pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, kami bersama Forkopimda langsung bertandang ke Rutan Trenggalek,” ungkap Arifin.

Disampaikan Arifin, sesuai dalam sambutan Menkumham RI, remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan pemasyarakatan. Dan kepada warga binaan Rutan yang menerima remisi hari kemerdekaan kita ucapkan selamat.

Karena remisi diberikan kepada warga binaan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetinsi diri dengan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri.

” Hak resmisi hanya diberikan kepada mereka yang telah memenuhi syarat. Diantaranya telah menjalani minimal 6 bulan penahanan dan berkelakuan baik ataupun tidak melanggar aturan,” pungkasnya.(ham)