Kapolres Ponorogo Pimpin Apel Siaga dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Kapolres Ponorogo AKBP Radiant memimpin Apel Siaga dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Lapangan Desa Nongkodono, Kecamatan Kauman, Ponorogo Selasa (20/08/2019).

Apel siaga dan simuasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan kabupaten Ponorogo diikuti 1 peleton Kodim 0802/ Ponorogo, 2 peleton Polres Ponorogo ,1 peleton ADM Lawu, 1 peleton Kehutanan, 1 peleton LMDH, peleton BPBD Pemkab Ponorogo, peleton Satpol PP (Damkar) dn Senkom Mitra Polri dan Tim P3K Dinkes

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant selaku menyampaikan,”semua jenis bencana dapat dikatakan penyebabnya adalah ulah manusia seperti kerusakan lingkungan dan kebakaran telah mengancam di tengah kehidupan masyarakat, oleh karena itu diperlukan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Ponorogo sehingga perlu dilakukan upaya – upaya sedini mungkin baik pada waktu sebelum, saat kejadian dan setelah kejadian,”ucapnya.

Ditambahkan Kapolres,”penanggulangan karhutla harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerjasama terpadu yang tidak hanya melibatkan pemerintah saja bahkan seluruh lapisan masyarakat, swasta dan relawan,”terang Kapolres.

Dijelaskanya, semua intansi terkait, relawan dan masyarakat punya peran penting dalamĀ  penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Ponorogo sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Kehadiran semua pihak di lapangan perlu didukung dengan kemampuan dan ketrampilan serta sarana dan prasarana yang memadai sehingga dapat bertindak secara proporsional dan profesional.

“Kemampuan dan ketrampilan tersebut tidak akan datang begitu saja tanpa adanya upaya pelatihan, sehingga hari ini kita melaksanakan apel simulasi penanggulangan karhutla dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kerja sama dan sinergitas dalam rangka penanggulangan karhutla secara proporsional dan profesional,”tegasnya.

Kapolres Ponorogo berpesan yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan apel simulasi penanggulangan karhutla di wilayah Kabupaten Ponorogo ini adalah agar dilaksanakan kerjasama antar instansi terkait dengan sebaik-baiknya, dan pembagian tugas yang jelas apabila menghadapi adanya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Mempersiapkan peralatan yang memadai dan menempatkan personil yang bisa mengoperasikan peralatan tersebut sehingga mendapatkan hasil yang optimal dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0802/ Ponorogo Letkol Inf Sigit Sugiharto, Bupati Ponorogo diwakili oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ponorogo, Imam Basori, PJU Polres Ponorogo, Pabin Lawu DS Kompol Basuki, Kapolsek dan Danramil jajaran Ponorogo, ADM Kehutanan Lawu DS Heri Purbanto, ADM Perhutani Madiun ASEP, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Pacitan Wardoyo, Ka RLPM Kabupaten Ponorogo Heri Puryanto, Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Suharyadi, Kasi Damkar Kabuoaten Ponorogo Agus, Dinsos Kabupaten Ponorogo Suyadi serta unsur pemerintahan Kecamatan Sambit, Badegan, Pulung, Mlarak, Bungkal, Ngrayun, Balong, Sooko, Simam, Sampung, Jambon, Slahung. (red)