Undang Mahasiswa Papua, Kapolres Ponorogo: Jangan Terprovokasi dan Kami Jamin Keamanannya

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Kapolres Ponorogo AKBP Radiant mengundang sejumlah mahasiswa asal Papua yang sedang menempuh pendidikan di Ponorogo, Selasa(20/08/2019) malam.

Kegiatan yang juga dihadiri sejumlah PJU Polres Ponorogo bertempat di Rumah Makan Ecco Kitchen yang berada di Jalan Batoro Katong, Ponorogo ini  dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas kejadian kericuhan dan kerusuhan di Manokwari, Papua  Barat saat menggelar aksi unjuk rasa memprotes insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant mengatakan,”silaturahmi malam ini selain mensikapi kejadian di Malang, Surabaya dan Manokwari adalah sebuah dinamika yang menjadi dasar evaluasi bersama. Diharapkan dengan kegiatan ini akan terjalin silaturahmi antar warga negara Indonesia yang harmonis tanpa membedakan asal suku maupun ras,”ucapnya.

Ditegaskanya, tujuan kegiatan adalah untuk cooling down sistem terhadap mahasiswa dan warga Papua yang ada di wilayah Kabupaten Ponorogo agar tidak terpengaruh dan terprovokasi dengan kejadian tersebut di atas, serta terciptanya kehidupan saling menghargai antar warga masyarakat sesuai dengan aturan-aturan yang ada.

Kapolres juga berpesan agar semua mahasiswa Papua yang berada di Ponorogo agar lebih fokus untuk belajar.

Dieketahui sejumlah mahasiswa asal Papua yang belajar di Kabupaten Ponorogo tersebar di sejumlah perguruan tinggi yang diantaranya di IAIN, UNMUH, dan STIKES.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan mahasiswa asal Papua yang hadir menyampaikan,”kami mohon maaf atas tidak hadirnya 2 orang teman kami, karena suatu hal sehingga tidak bisa bergabung dalam silaturahmi malam ini. Atas nama pribadi dan warga Papua kami memohon maaf, kejadian di 3 daerah mungkin lebih pada kesalahpahaman dan adanya issue hoax. Kami di Ponorogo Insha Alloh akan menjaga tali silaturahmi dengan pihak Polri dan sama-sama menjamin keamanan,”tuturnya.(red)