League Support Kejuaraan Dunia Kurir Sepeda 2019

League menssuport Kejuaraan Dunia Kurir Sepeda atau Cycle Messenger World Championship (CMWC) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 23-25 Agustus 2019.

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Bertempat di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, 23-25 Agustus 2019 berlangsung kejuaraan dunia kurir sepeda atau Cycle Messenger World Championship (CMWC) 2019.

Untuk mendukung pelaksanaan kejuaraan dunia tersebut, League sebagai brand global sepatu dan apparel premium di bawah manajelem Berca Retail Group meluncurkan koleksi diberi nama Swave CMWC Westbike Series. Koleksi ini hadir atas kerjasama dengan penyelenggara kegiatan yakni Westbike Messenger Service (WMS).

Sapto Renggo Sumbogo, Sr. Manager Marketing Communications PT Berca Sportindo, mengatakan ini merupakan project kolaborasi kedua League bersama komunitas Westbike Messenger. Produk Swave CMWC Westbike Series ini desainnya dihadirkan sebagai bentuk apresiasi League atas semangat Westbike yang terus konsisten berada di jalur fixgear.

“Swave CMWC Westbike Series terdiri dari sepatu sepeda, t-shirt, pullover hoodie, coach jacket, serta snapback yang akan diluncurkan bertepatan dengan event CMWC 2019,” tutur Sapto Renggo Sumbogo yang akrab disapa Dodi kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Dodi mengungkapkan pihaknya mencoba menghadirkan desain yang lebih fresh dan limited edition dengan membuat bagian artwork di outsole yang transparan. Desain ini juga menjadi point of interest bagi siapa saja yang melihat sepatu ini.

“Konsepnya sejalan dengan pergerakan Westbike yang fokus sebagai kurir barang menggunakan sepeda, kontras dengan situasi lalulintas kota besar,” katanya.

Ia menjelaskan Swave CMWC Westbike Series dibuat menggunakan material suede dengan durability yang sangat baik. Dilengkapi dengan Collar knitting sehingga lebih fit dikaki dan easy to use. Terdapat juga tanda X yang reflektif pada bagian belakang sepatu, fitur ini dapat meningkatkan keamanan dan visibilitas dalam kondisi kurang cahaya. Memungkinkan gerakan terlihat oleh orang lain di malam hari jika terkena cahaya.

“Artwork yang terdapat pada sepatu serta seluruh merchandise ini merupakan buatan WoofJkt, seorang street artist Indonesia pecinta sepeda. Artwork yang sangat colorfull ini pun menggambarkan identitas kota Jakarta lengkap dengan Monas dan transportasi umum khas Jakarta yakni Bajaj,” jelas Dodi.

Sementara itu, Hendi Rachmat dari Westbike Messenger Service (WMS), menyatakan kejuaraan dunia kurir sepeda ke-27 tahun 2019 ini merupakan sejarah bagi Indonesia, karena pertama kalinya digelar di Asia Tenggara dan bisa jadi acara sekali seumur hidup, karena tidak mungkin Jakarta bisa jadi tuan rumah lagi.

Ia mengkisahkan, latar belakang Jakarta bisa menjadi tuan rumah berawal dari keikutsertaan tim Indonesia dalam CMWC ke-23 tahun 2015 yang lalu di Melbourne, Australia. Keikutsertaan ini akhirnya mempelopori semangat untuk membawa misi membudayakan kurir sepeda kepada masyarakat Indonesia. Akhirnya, Westbike Messenger Service di bawah IBMA atau Asosiasi Kurir Sepeda Indonesia menawarkan diri sebagai tuan rumah CMWC 2019 saat mengikuti kejuaraan dunia kurir sepeda ke-25 di Montreal, Kanada. Pengajuan diri ini pun disambut dengan persetujuan  Jakarta sebagai tuan rumah CMWC ke-27.

“Lokasinya di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Lokasi tersebut dipilih karena memenuhi persyaratan baik dari sisi luas dan tertutup. Karena kompetisi ini harus dilaksanakan di area tertutup,” tutur Hendi.

“Saya dan ISSI Pengprov DKI Jakarta DKI mengapresiasi dengan tinggi gelaran CMWC 2019 di Jakarta. Terutama kepada WMS sebagai penyelanggara. WMS sebagai salah satu perusahaan kurir sepeda telah berhasil membangun culture baru di Indonesia dan hal tersebut patut diacungi jempol. Apalagi dengan sekarang lebih banyak community based di olahraga sepeda, gelaran CMWC bisa membangkitkan gairah olahraga ini,” imbuh Dito Ariotedjo selaku Ketua Umum ISSI Pengprov DKI. @Rudi