Disupport League, 32 Negara Ikuti CMWC 2019 di Jakarta

JAKARYA, KANALINDONESIA.COM –Sebanyak 240 peserta dari 32 negara mengikuti ajang kejuaraan dunia kurir sepeda atau Cycle Messenger World Championships (CMWC) 2019 yang berlangsung 23-25 Agustus 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Hendi Rachmat selaku ketua penyelenggara CMWC 2019 mengatakan konsep kegiatan tidak sepenuhnya kompetisi olahraga atau fully sport, melainkan sebagai ajang berkumpul kurir sepeda mancanegara.

“Sebenarnya event ini diadakan sejak tanggal 21 Agustus 2019 saat pre event di Bali. Mereka antusias sekali, terlebih saat menyeberang ke Nusa Penida. Istilahnya, Gathering lah karena kegiatan ini ajang tahunan dari seluruh bike messenger di seluruh dunia berkumpul bersama,” ujar Hendi kepada Kanalimdonesia.com disela-sela acara CMWC 2019 di Jakarta, Sabtu (25/8/2019).

Ia menuturkan 32 negara peseta CMWC 2019 berasal dari Amerika Serikat, Eropa, Amerika Selatan, Australia, dan Asia.

Hendi Rachmat selaku Founder WMS dan juga ketua penyelenggara CMWC 2019.

“Indonesia merupakan tuan rumah pertama di Asia Tenggara. Untuk tingkat Asia, Indonesia tuan rumah kedua, yang pertama adalah Jepang tahun 2009,” katanya.

Ia juga memaparkan lomba race.backward diikuti 240 peserta mancanegara yang selanjutnya 60 biker masuk babak final. Lomba ini untuk melihat kelincahan dan kecepatan kurir dalam mengantarkan barang kiriman.

“Untuk lomba kita bikin arena tertutup, peserta mendapat job desk, job order dan mengantar barang yang dituju menggunakan sepeda. Di dalam arena tertutup ini kita bikin 14 check point dan mereka misalnya pick up di check up point A, drop di check point B. Itu. Jadi selang-seling begitu,” jelas Hendi yang juga Founder Wesbike Messenger Service (WMS)

Selain balapan dengan konsep pengantaran barang, ada pula race sprint atau balap kecepatan dan backward race sprint atau balap sepeda mundur. Kemudian, ada lagi race reguler dan race cargo.

“Tahun depan CMWC ini diadakan di kota Bogota, Kolombia, Amerika Selatan. Hal menarik di sana terdapat kebijakan pemerintah setempat yakni selama seminggu terdapat ruas jalan tidak boleh dilalui kendaraan mobil dan motor, khusus sepeda dan pejalan kaki,” katanya.

Peserta antusias mengikuti kejuaraan dunia kurir sepeda 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Sementara itu, Sapto Renggo Sumbogo selaku Sr. Manager Mwrketing Communications Berca Sportindo, mengaku mendukung penyelenggaraan kejuaraan dunia kurir sepeda CMWC 2019.

Dukungan ini diwujudkan dalam koleksi CMWC Series berupa sepatu sepeda, t-shirt, pullover hoodie, coach.jacket dan snapback.

“Semua peserta CMWC 2019 menggunakan koleksi CMWC Series dari League. Produk League sudah dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan negara-negara Arab. Dengan penyelenggaraan CMWC 2019 ini secara tidak langsung, produk Leagur akan dikenal di 32 negara peserta kejuaraan dunia kurir sepeda ini,” tutur pria yang akrab disapa Dodi ini. @Rudi