Luapan Air Sungai Bengawan Solo Rendam Puluhan Hektar Sawah di Tuban

 

sawah yang terendam air luapan sungai bengawan solo
sawah yang terendam air luapan sungai bengawan solo ( foto : Elo_KIcom)

KANALINDONESIA.COM : Akibat tingginya curah hujan yang berada di wilayah Bojonegoro dan Tuban mengakibatkan debit air sungai bengawan Solo meluber hingga merendam puluhan hektar sawah yang ada di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Bahkan banjir yang datang kali ini tergolong banjir yang cukup besar.

Imron salah satu warga Sumberjo, Kecamatan Rengel, Tuban mengatakan bahwa banjir kali ini tergolong cukup besar sehingga merendam sejumlah desa dan sawah yang berada di area sekitar bantaran sungai bengawan Solo khususnya di Dusun Pesugihan, Desa Sumberjo, Kecamatan Rengel, Tuban.

“Tidak seperti biasanya banjir kali ini mas, debit air yang ada di bengawan kali ini cukup tinggi, sehingga sawah, pemukiman warga di Dusun Pesugihan sebelah selatan, banyak yang terendam air, namun yang paling banyak terendam berada di Desa Rengel. Mungkin kali ini warga yang menanam padi terancam gagal panen dan kerugian mencapai ratusan juta rupiah, akibat banjir kali ini,”ucap Imron, Rabu (30/11/2016).

Meskipun dari pihak pemerintah sudah membuat posko penanggulangan banjir namun warga setempat masih memilih untuk bertahan di rumahnya masing-masing. Hal ini mengakibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban harus menyediakan sejumlah perahu untuk sarana transportasi warga dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari.

Sigit warga Dusun Pesugihan mengatakan bahwa warga memilih bertahan dikarenakan sudah terbiasa dengan kondisi ini, dan banjir kali ini belum cukup tinggi airnya, sehingga warga memilih untuk bertahan.

“Warga sudah terbiasa dengan kondisi ini mas, dan ini airnya masih belum cukup tingggi. Kalau air sudah merendam atap rumah baru kami akan pergi untuk mengungsi ke posko yang disediakan pemerintah, atau pergi mengungsi ke daerah yang tidak kena banjir,” pungkaanya.(elo)