Waduk Bendo (foto: Kominfo Jatimprov)

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Proyek Strategis Nasional (PSN) Waduk Bendo yang berada di Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur hari ini Sabtu(31/07/2021) akan dilakukan pengisian air awal (Impounding).

Berdasarkan analisa hidrologi, kenaikan muka air waduk akan mencapai intake atas (Elv. +196, 82 pada tanggal 05 November 2021 dan akan mencapai puncak spillway (Elv.+220,62) pada tanggal 27 November 2021 mendatang.

Progres physik pembangunan proyek yang pengerjaanya telah berjalan hampir 12 tahun tersebut telah mencapai 98 persen.

“Tinggal 2 persen dan jalan masuk. Impounding siap pekan ini dan secara teknis tidak ada masalah. Kemarin sudah sidang pleno untuk pengisian air,” ucap kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Agus Rusdianto.

Waduk yang memiliki panjang bendungan 337 meter dan tinggi bendungan 74 meter tersebut berkapasitas 43,11 juta meter kubik.

Dengan kapasitas sebesar itu, Waduk Bendo merupakan waduk terbesar yang dibangun di bawah pengawasan BBWS Bengawan Solo dan dapat memberikan manfaat irigasi seluas 7.800 hektar lahan pertanian dengan suplai air baku sebesar 370 liter/ detik dan mereduksi banjir.

Rencananya waduk yang menelan anggaran sebesar Rp900 miliar tersebut akan diresmikan oleh Presiden Jokowi bersama 13 waduk / bendungan lain pada September 2021 mendatang.

---------Ikuti Chanel youtube: KanalindonesiaTv ---------- ----------------------------------------------------------------

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here