Rekahan Tanah Keluar Api, Polisi Pasang Police Line

PONOROGO, KSNALINDONEISA.COM: Anggota Polsek Bungkal Kepolisian Resort Ponorogo memasang garis polisi di lokasi rekahan tanah yang keluar api di ladang milik Natun warga Dukuh Ringinsurup, Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal, Ponorogo, Kamis(26/09/2019).

Api yang muncul diretakan tanah ketahui warga sebenarnya sudah satu bulan lebih namun warga diam. Padahal menurut keterangan warga sebulan lebih saat pemilik lahan mengambil singkong Ia melihat singkongnya gosong. Tapi dikira karena tanah di situ dalamnya berwarna hitam.

“Api yang keluar dari rekahan tanah di ladang Bu Natun sebenarnya sudah sebulan lebih, namun warga sini dianggapnya itu ada bekas diang atau apa dan bahkan pemilik lahan ini pernah cabut singkong isinya gosong dikira tanah didalam juga hitam warnanya,” kata Bandi warga setempat.

Baca:  SIG Berikan Bantuan Pembangunan Ponpes Tahfidz Al-Qur’an di Mojokerto

Kanit Sabhara Polsek Bungkal Aiptu Suyitno ketika dikonfirmasi usai pemasangan police line dilokasi kemunculan api dari dalam retakan tanah mengatakan,”kami hanya melakukan antisipasi agar warga sekitar tidak masuk ke lokasi karena dikawatirkan tanah ambles dan ada api di dalamnya. Pemasangan police line agar warga sekitar tidak masuk ke lokasi api tanah ini, ” terang Suyitno.

Masih menurut anggota Polsek Bungkal ini pihaknya akan melakukan kordinasi dengan pihak terkait dan melaporkan ke atasannya.

” Kita akan sampaikan ke pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan BPBD untuk dikirim air agar api yang tertimbun tanah ini bisa cepat padam,” tegas Kanit Sabhara.

Sementara Camat Bungkal, Jemain ketika dimintai keterangan di lokasi pihaknya juga akan melaporkan ke pihak diatasnya dan BPBD agar segera ditanggulangi.

Baca:  LPSE Rubah Jadwal Tender 10 Paket Hasil Hutang 200 M

“Himbaun dari kami agar sampah – sampah kering dijauhkan dari api. Kita kawatir menjalar ke pemukiman. Dan selanjutnya kami akan minta bantuan ke BPBD untuk segera mengirim air ke lokasi agar api bisa terpadamkan paling tidak nanti sore segera di kirim,” tandas Jemain.