Gandeng PeduliSehat.id, Baznas Hadirkan Zakat Kesehatan

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — Sehat itu mahal harganya. Bagi yang mempunyai uang cukup, saat dia sakit akan cepat tertangani oleh dokter di rumah sakit, bagaimana dengan tidak mampu bahkan sakitnya makin parah maka akan sulit tertangani hingga merenggut kematian.

Mengantisipasi hal tersebut, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkolaborasi dengan Peduli Sehat menghadirkan zakat kesehatan bagi masyarakat yang ingin menunaikan zakatnya khusus di bidang kesehatan melalui aplikasi dan situs PeduliSehat.id.

Acara peresmian dihadiri oleh Manajer Digital Fundraising Zakat Baznas, Hafiza Elvira dan Sekretaris Yayasan Peduli Sehat Gotongroyong, Widodo Septiadi, di Kantor Baznas, Menteng, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Manajer Digital Fundraising Zakat Baznas, Hafiza Elvira dan Sekretaris Yayasan Peduli Sehat Gotongroyong, Widodo Septiadi, di Kantor Baznas, Menteng, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Manajer Digital Fundraising Zakat Baznas, Hafiza Elvira mengatakan, pihaknya terus berupaya memudahkan masyarakat dalam beribadah menunaikan zakat dan infaknya sekaligus berbagi dan membantu mustahik yang membutuhkan, khususnya dalam bidang kesehatan.

“Kami menambah layanan digital kesehatan yang dekat dengan gaya hidup masyarakat, sehingga mustahik yang membutuhkan bantuan kesehatan menjadi makin mudah mendapatkan layanan terbaik,” katanya.

Hafiza mengapresiasi Peduli Sehat yang telah menjembatani budaya kebaikan masyarakat melalui situs dan aplikasi yang mudah digunakan.

“Hanya membutuhkan beberapa menit saja, masyarakat sudah bisa menyelamatkan saudaranya yang sedang sakit. Cukup masuk ke aplikasi yang terdapat di Google Play Store khusus Android atau situs PeduliSehat.id, lalu pilih menu zakat. Selanjutnya kita dapat memasukkan nominal dan metode pembayaran serta mengisi data diri, lalu membayar,” jelas Hafiza.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Peduli Sehat gotongroyong, Widodo Septiadi menyambut hangat kerjasama dengan Baznas dalam mengumpulkan zakat bagi masyarakat membutuhkan khususnya di sektor kesehatan dan telah sesuai dengan syarat-syarat ketentuan penerima zakat.

“Kerjasama dengan Baznas ini memiliki peran penting dalam rangka menumbuhkan kepedulian serta diperkuat untuk membangun kesadaran dalam berzakat,” katanya.

Widodo mengklaim, PeduliSehat.id adalah platform penggalangan dana untuk berzakat no.1 di Indonesia yang memiliki pertumbuhan cepat dan dikhususkan pada kesehatan.

Ia juga menjelaskan, platform zakat kesehatan ini memiliki tiga fungsi utama yaitu meringankan beban finansial para pasien yang sedang berjuang melawan penyakit kritis, menjembatani masyarakat untuk berdonasi atau menjadi donatur dalam melakukan penggalangan dana dengan cara mudah dan praktis serta mempermudah pemberian donasi kepada pasien yang membutuhkan secara cepat dan transparan.

“Banyak masyarakat yang sudah kami bantu, khususnya penderita kanker, jantung bocor, operasi bibir.sumbing, hidrosefalus, dan penyakit lainnya. Akhir tahun 2019 kami mentargetkan pengguna PeduliSehat.id sebanyak 500.000 orang,” tutur Widodo. @Rudi