Lahirkan Peselam Yang Handal, Danjen Kopassus Resmikan Tribuana Dive Center Kopassus

Danjen Kopassus menggunting pita tanda di resmikan Tribuana Dive Center Kopassus
Danjen Kopassus menggunting pita tanda di resmikan Tribuana Dive Center Kopassus

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM :  Komandan Komando Pasukan Khusus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa SE, M.Tr. (Han) resmikan Kolam Selam Tribuana Kopassus berstandar internasional yang berdampingan dengan Kolam Renang Tirta Yudha di Jalan RA Fadillah, Cijantung , Jakarta Timur, Jum’at (11/10/19).

Kolam selam yang memiliki ke dalam 16 Meter tersebut memiliki keunikan tersendiri, karena dibangun dengan bentuk arsitektur yang sangat kokoh diatas lahan seluas 800 meter persegi.

Dalam sambutannya, Danjen Kopassus mengatakan, bahwa Tribuana Dive Center (TDC) merupakan  sarana untuk mendukung latihan kegiatan selam dalam rangka mendukung tugas pokok Kopassus sehingga dapat menjadikan prajurit Kopassus yang profesional dalam bidang selam militer.

“Dalam pelaksanaannya TDC yang dikelola oleh Koperasi Tribuana V Satuan 81 Kopassus yang bekerja sama dengan PT Aksara Dirga. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat menunjang  kesejahteraan Prajurit dan sekaligus dapat mendukung pemeliharaan Kolam selam yang biayanya cukup mahal,”kata Danjen Kopassus.

Danjen menambahkan, melalui TDC ini diharapkan dapat melahirkan peselam peselam yang handal dan berkarakter dan mampu bersaing di kancah internasional.

“Itulah sebabnya Kopassus memandang perlu untuk melakukan kerja sama dengan PT Aksara Dirga, saya berharap dengan adanya Tribuana Dive Center ini dapat mencetak penyelam-penyelam sipil profesonalisme dan berkarakter yang bisa bersaing di internasional”, kata Danjen Kopassus.

Selain itu Danjen berharap agar pengelola dan personel anggota lainnya dapat memanfaatkan dan merawat Tribuana Dive Center ini dengan baik, agar memiliki nilai guna yang optimal dalam meningkatkan kualitas penyelam.

Danjen Kopassus juga mengingatkan, bahwa  bangunan beserta sarana dan prasarana,  akan kehilangan makna, apabila kita tidak dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dengan memelihara dan merawat setiap hari sebagaimana mestinya.

“Saya selaku Komandan Jenderal Kopassus dan pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada semua pihak yang telah turut serta mewujudkan Tribuana Dive Center ini. Semoga amal baik dan karya yang telah kita tunjukkan, mampu memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan kemampuan selam prajurit Kopassus dan sipil,”pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Possi Jakarta, Ketua Putra Putri Bahari, Ketua Wanita Selam Indonesia (WASI) Ibu Tri Tito Karnavian, Ketua Dauphin Diving Club, Kompol Raden Haris, Miss Scuba Indonesia, Komunitas Penyelam Profesional Perempuan Indonesia, Indonesia Diver Community (Bpk Sanny Limbunan dan Johanes Tiro), Komunitas Peduli Laut, Ir. Kopassus, Para Pamen Ahli Danjen Kopassus, Asisten Danjen Kopassus, Dansat Kopassus dan para Kabalak Kopassus.@wn