Dengan ReogJazz Bupati Ponorogo Jual Wisata Telaga Ngebel

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Dengan ReogJazz Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni tawarkan keindahan Telaga Ngebel Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia, untuk bisa dinikmati sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Ponorogo yang digelar, Sabtu(12/10/2019).

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni usai membuka ReyogJazz#2, mengatakan, ReyogJazz menjadi upayanya dan Pemkab Ponorogo untuk memberikan ruang bagi para musisi jazz untuk tampil menunjukkan kebolehannya. Hal ini seperti festival-festival jazz lain seperti JavaJazz, PrambananJazz dan lainnya.

“Tapi saya berani jamin yang ini beda. Sebab ReyogJazz ini adalah yang terbaru di Indonesia. Juga memiliki keunikan teesendiri sebab  dilaksanakan tepat di atas telaga, tepatnya Telaga Wisata Ngebel,” ungkap Bupati Ipong.

Tawaran kedua untuk masyarakat adalah hadirnya kolaborasi antara musik jazz dengan reyog. Baik tari maupun gamelannya. Seperti yang ditampilkan grup jazz Ber6 dengan grup reyog Universitas Muhammadiyah Ponorogo sesaat setelah seremoni pembukaan ReyogJazz#2.

Yang tidak kalah penting, lanjut Bupati Ipong, Reyogjazz menjadi ikhtiar atau upaya untuk memperkenalkan pariwisata di Ponorogo.

“Maksud lainnya adalah untuk memperkenalkan kepada dunia luar soal keindahan alam Ponorogo karena ReyogJazz ini kita selenggarakan di atas Telaga Ngebel. Telaga yang sangat eksotik, apalagi malam ini menuju bulan purnama,” tutur Bupati Ipong.

“Itu yang mau kita jual, itu yang mau kita tampilkan di samping kekayaan budaya dan kesenian di Ponorogo,” tambahnya.

Dengan musisi-musisi jazz yang ditampilkan, Bupati Ipong memastikan pementasan ini kental nuansa jazz-nya meski musisi jazz murni sudah semakin langka dan dimasuki oleh pemusik pop.

Artis yang mengisi ReyogJazz#2 kali ini antara lain adalah Fariz RM, Eddy Syakroni, Sierra Soetedjo, Denny Chasmala, Tiyo Alibasjah, Bennet Brandeis (USA), Yvon Thiebault (Canada), Brandon Julio, Gala Ga (Russia), Eddy Syakroni, Adi Darmawan, Iwan Wiradz, Andre Dinuth, Yankjay, Zendhy Kusuma, Yandi Andaputra dan Franky Sadikin.

Ada pula kolaborasi jazz dengan musisi jazz lokal. Mereka adalah Mrs. Holdingsky – Jazzthilan Community (Ponorogo), The Apprentice – Jazzthilan Community (Ponorogo), So-Jazz Community (Solo), Aditya Ong Trio with JJ – So-Jazz Community (Solo) dan Jazz Community (Madiun).