Kurang Dua Bulan, Progres Pembangunan Gedung Rawat Inap VIP RSUD Ploso Masih 40 Persen

Proyek pembangunan gedung rawat inap VIP RSUD Ploso
Proyek pembangunan gedung rawat inap VIP RSUD Ploso (Foto: Elo_kanalindonesia.com)

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM :Kurang dua bulan batas akhir kontrak pembangunan proyek gedung rawat inap VIP RSUD Ploso Kabupaten Jombang, Jawa Timur, progres pembangunan masih sebatas 40 persen.

Parahnya, hingga memasuki pertengahan Oktober, proyek gedung rawat inap VIP senilai Rp 9,4 miliar masih belum sampai 50 persen.

Catatan yang diterima diterima Pejabat Pembina Komitmen Proyek (PPK) Heru Purwanto hingga kemarin hampir mendekati 40 persen.

’’Sekarang lumayan, yang jelas hampir 40 persen. Ya segitu itu nggak sampai terlmbat,’’ ujar Heru, Selasa (15/10/2019).

Masih menurut penjelasan Heru, proses pekerjaan sekarang ini terus berlanjut. Salah satunya yakni pada pengecoran lantai dua. ’’Tadi malam (Senin, red) itu mulai ngecor lantai dua sampai pukul 06.00,’’ katanya.

Pengecoran itu, sambung Heru, dilakukan tak langsung hingga siang hari. Namun hingga pagi pukul 06.00. ’’Selanjutnya pekerjaan pagi itu bekisting kolom. Jadi masih tetap ada pekerjaan malam sama pagi,’’ paparnya.

Meski tak dijelaskan dengan rinci, dasar dilakukannya pengecoran pada malam hari, Heru mengatakan untuk pengcoran memang sengaja dilakukan saat malam hari.

’’Jadwal ngecornya ya harus sampai selesai. Kalau kemarin memang mulainya pukul 22.00 sampai pagi, dan itu sampai selesai dan cornya habis. Kemudian paginya dilanjutkan pekerjaan lain, tetapi tidak ngecor,’’ tegasnya.

Selain itu Heru juga menjelaskan bahwa saat ini pengecoran kembali dihentikan, karena tahapan pemasangan kolom belum selesai. Dan untuk pengecoran lanjutan Heru belum bisa memastikan kapan pengecoran lanjutan dilakukan.

“Pokoknya menunggu bekisting selesai dahulu baru bisa dicor. Yang jelas sekarang kita uber terus supaya cepat selesai,’’ tegasnya.

Meski Heru belum bisa memastikan kapan proses pengecoran dilakukan, ia mengklaim bahwa tahapan dan progress pekerjaan sudah sesuai dengan jadwal. ’’Ya memang re-schedule nya itu,’’ pungkas Heru.

Pantauan di lokasi, sekitar pukul 13.00 WIB, pekerja yang semula rehat sejenak nampak kembali melanjutkan pekerjaan.

Mereka sibuk melakukan pemasangan kolom sebelah timur. Satu alat berat beckhoe berada di lokasi. Sementara sekitar lima pekerja lainnya terpantau tengah melakukan pekerjaan pembesian.

Dan rata-rata para pekerja tidak mengenakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai ketentuan wajib dilakukan.(elo)