Menpan-RB Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Kendal Dico M Ganinduto Resmikan MPP Kendal, Rabu (2/6/2021).

KENDAL – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kendal, Rabu (2/6/2021) digelar di halaman Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kendal.

Didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beserta Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, dirinya berharap nantinya seluruh daerah di Jawa Tengah bisa membuat Mal Pelayanan Publik.

Hal tersebut, merupakan wujud nyata untuk melayani masyarakat dengan murah, mudah, dan cepat dalam semua hal, termasuk perizinan.

“Mal Pelayanan Publik merupakan wujud nyata mewujudkan reformasi birokrasi. Dengan cara ini, negara dapat melayani masyarakat dengan baik bisa terwujud,” ungkap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Tmbahnya, dirinya mendorong semua daerah meningkatkan aplikasi pelayanan publik pada masyarakat. Pandemi menurutnya menjadi momentum untuk mewujudkan itu.

“Ini momentum untuk meningkatkan pelayanan publik. Tidak perlu bertemu atau datang ke kantor, pengembangan aplikasi-aplikasi pelayanan publik harus terus didorong,” kata Ganjar.

Ganjar meminta, hal terkait Perijinan semua daerah dapat proaktif jemput bola pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Karena banyak pelaku UKM yang belum punya legalitas dan mereka tidak memahami cara pengurusan izin.

“Setelah diresmikan MPP ini Kami meminta Dinas terkait bisa jemput bola. Izin-izin UKM harus didorong karena banyak masyarakat pelaku UMKM,” jelas Ganjar.

Sementara itu, Menpan-RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, dengan adanya MPP ini, diharapkan mampu memberikan kemudahan investasi di Kendal.

Menurutnya, kunci sukses menggerakkan roda pemerintahan dan mewujudkan pemerintahan yang baik, adalah meningkatkan pelayanan publik.

“Saya mengapresiasi peresmian Mal Pelayanan Publik di Kendal ini, semoga daerah lain di Jawa Tengah bisa mengikutinya,”tutur Tjahjo.

Dikatakannya Tjahjo juga bakal mendorong agar pelayanan publik terus digenjot dan bagi aparatur sipil negara, berkewajiban melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam konferensi persnya mengatakan, tujuan dibangunnya MPP ini adalah untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“MPP ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dikarenakan dapat mempermudah proses pelayanan,”kata Dico.

Tambah Dico, Adanya MPP ini, tidak hanya mempermudah investor dalam pengurusan izin. Tapi juga pengurusan segala pajak, perpanjangan SIM, transaksi perbankan dan sebagainya.(eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here