Sekolah Pascasarjana UNAIR Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Guna Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Di Lamongan

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Untuk kesekian kalinya Sekolah Pascasarjana Universitas AirLangga (UNAIR) menggelar kegiatan Pengabdian dan Pemberdayaan ibu rumah tangga melalui pelatihan pengolahan produk ikan Di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Kali ini tim Sekolah Pascasarjanan menggelar kegiatan di MI Mambaul Maarif di Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran.

Dalam kegiatan hadir pula Prof. Anwar Ma’ruf, Prof. Sri Irawati, Prof Muslich Ansori, Dr. Nove Hodajati, Dr. M Tanduk Atik, Drh Ratna Damayanti beserta 13 staf pascasarjana Unair.

Mulai dari sektor ini yang menjadi strategi utama Tim Sekolah Pascasarjana untuk memberi peningkatan mutu masyarakat, melalui sektor pemasaran hasil pengolahan perikanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas AirLangga Surabaya memberi pemaparan sekaligus pelatihan kepada masyarakat Banjarwati.

Seperti halnya pembelajaran pembuatan abon berbahan dasar ikan tongkol dan pengelolahan produk makanan pizza dengan bahan dasar ikan tuna.

Dianggap hasil laut di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, selama ini memiliki potensi perikanan terbesar dan tertinggi dalam tingkatan produksi tangkapan ikan. Sehingga menjadi target mereka dalam pengelolahan makanan menggunakan bahan dasar ikan.

Tak lain tujuan dari kegiatan ini adalah melatih para ibu-ibu PKK untuk bisa membuat produk bahan dasar ikan yang bernilai tinggi berupa abon dan pizza.

Diharapkan, tujuan kegiatan tersebut dapat meningkatkan pendapatan/penghasilan ibu-ibu dan masyarakat Banjarwati.

Kemudian produk yang dihasilkan agar bisa dipasarkan bertujuan menjadi produk unggulan desa Banjarwati. Produk ini juga nantinya bisa dipasarkan melalui Bumdes dan secara online, serta bisa terbentuk kelompok usaha kecil untuk produksi dan pemasaran produk yg dihasilkan desa Banjarwati. (Fer)

Jurnalis : Omdik/Rouf

Kabiro : Ferry Mosses