Diterjang Puting Beliung, Satu Rumah Roboh dan Puluhan Lainya Rusak

salah satu rumah warga roboh diterjang puting beliung
salah satu rumah warga roboh diterjang puting beliung

KANALINDONESIA.COM, NGAWI. Bencana putting beliung menerjang Dusun Gebung, Desa Pelang Kidul, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi, Senin (05/12/2016).

Akibat bencana ini tercatat satu rumah dapur milik Sungkono (53) warga RT 09/RW 04, Dusun Gebung, Desa Pelang Kidul, roboh rata dengan tanah. Sedangkan enam rumah lainya mengalami kerusakan sedang akibat tertimpa pohon yang menimpa atap rumah.

“Kejadianya itu sangat cepat sekali bersama datangnya hujan kayaknya angin itu tadi berputar. Tidak berselang lama rumah dapur saya yang belakang itu roboh untungnya saya dan keluarga aman tidak ada terluka,” terang Sungkono, Senin (05/12).

Kemudian sesuai data yang berhasil dihimpun enam rumah yang mengalami kerusakan sedang tersebut semuanya berada di RT 09/RW 04, Dusun Gebung. Ke enam rumah itu antara lain milik Lilik, Sanimin, Sarip, Wakidi, Kari dan Bambang. Terkait kejadian putting beliung ini petugas dari Polsek Kedunggalar maupun Koramil Kedunggalar langsung memberikan bantuan dilokasi untuk sementara memberikan pertolongan dengan manual.

“Kalau data yang akurat sejauh ini memang belum kami terima karena perangkat desa yang ada masih melakukan pendataan dilokasi putting beliung. Dan jelasnya ada puluhan rumah mengalami kerusakan,” terang Sumanto Kepala Desa Pelang Kidul.

Sementara itu Kapolsek Kedunggalar AKP Lilik Sulastri saat dihubungi via selular mengatakan, setelah mendapatkan informasi adanya bencana putting beliung diwilayah hukumnya beberapa orang personel polisi langsung diterjunkan ke lokasi kejadian. Pihaknya pun langsung melakukan kontak komunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi untuk sama-sama ke lokasi putting beliung.

“Dari kejadian putting beliung di Desa Pelang Kidul data sementara yang saya terima tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Tetapi ada satu rumah roboh dan puluhan lainya rusak dan petugas langsung ke lokasi untuk membantu warga menyingkirkan pohon-pohon yang roboh itu,” jelas AKP Lilik Sulastri. (