Anggota MPR Khilmi : Apapun Ceritanya, Pancasila adalah Ideologi Bangsa yang Harus Dijunjung dan Dipertahankan

anggota-mpr-dapil-x-gresik-lamongan-jawa-timur-khilmi-saat-sosialisasi-4-pilar-kebangsaanKANALINDONESIA.COM ; Khilmi selaku Anggota MPR RI Dapil Gresik – Lamongan, Jawa Timur, mengingatkan kepada berbagai kalangan, khususnya generasi muda untuk menjunjung tinggi nilai-nilai di dalam Pancasila, termasuk dengan menerapkan di dalam perilaku kehidupan sehari-hari.

Terlebih di tengah serbuan budaya asing, kata Khilmi, Pancasila adalah ideologi yang harus dijunjung tinggi dan dipertahankan, karena Pancasilan merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Apapun ceritanya, Pancasila adalah ideologi bangsa yang harus dijunjung tinggi dan dipertahankan, terlebih serbuan budaya asing,” ungkap Khilmi kepada Kanalindonesia.com dalam acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di MTs Ma’arif, Sidomukti,  Gresik, Jawa Timur, Senin ( 5/12/2016)

Sebagai  Anggota MPR RI, pihaknya senantiasa mengingatkan kepada berbagai kalangan, khususnya generasi muda  wajib menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, termasuk dengan menerapkannya di dalam prilaku kehidupan sehari-hari.

Khimi merasa prihatin dan khawatir karena menurutnya tak sedikit generasi muda bangsa yang lupa, bahkan tidak tahu arti pancasila. Karena itu perlu dilakukan penyuluhan dan sosialisasi secara terus menerus dan berkesinambungan  bagi generasi muda. Mereka harus diingatkan kembali tentang dasar negera melalui kegiatan diklat atau simposium.

“Perlu pencerahan, dan sedapat mungkin Pedoman, Penghayatan  dan Pendalaman Pancasila (P4) harus kembali dimasukkan dalam pelajaran di setiap tingkatan pendidikan,” usulnya.

Sebab sudah begitu besarnya perjuangan para generasi terdahulu demi mempertahankan pancasila. “Para pendahulu kita sudah banyak berkorban dalam berjuang melawan kelompok-kelompok yang berusaha merongrong ideologi negara kita ini dengan paham komunis,” ujar Khilmi.

Karena itu diharapkan generasi muda sekarang ini mengamalkan dan mendalami nilai-nilai pancasila dan siap untuk membela pancasila dari segala rongrongan ideologi yang berlawanan. Melalui momentum sosialisasi 4 pilar, di hadapan peserta MTS Sidomukti, Khilmi berpesan agar panasila tidak hanya dihafal saja, namun juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia juga mengharapkan generasi muda mau menggali makna pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Sehingga tidak ada lagi kelompok-kelompok yang menyimpang dari ideologi negara.

“ Saat ini banyak kita temukan generasi muda yang berbuat sesuka hati tanpa memikirkan akibatnya. Jika mereka paham akan isi dan makna sila pancasila, saya yakin pemuda Indonesia hati-hati dalam bertindak, hormat menghormati dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi,” ujar Khilmi. @Fatih