Kemarau Panjang, Polres Ponorogo Gelar Salat Istisqo

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Salat Istisqo digelar di halaman Mapolres Ponorogo, Kamis(24/10/2019).

Digelarnya salat istisqo ini akibat kondisi kemarau panjang yang terjadi di wilayah hukum Polres Ponorogo selama ini.

Sekitar 250 personil dan ASN Polres Ponorogo mengikuti salat jama’ah yang dipimpin oleh Ustadz KH. Dr. Aswin Abdurrahman pimpinan Pondok Pesantren Baitul Ridho, Sawuh, Siman.

Kapolres Ponorogo AKBP Arif Fitrianto mengatakan, dengan diadakanya salat Istisqa ini, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Ponorogo untuk berdoa kepada Allah SWT agar diturunkan hujan, khususnya di Kabupaten Ponorogo di Indonesia secara umumnya.

“Kemarau tahun ini cukup panjang, untuk itu kita melaksanakan shalat sunah Istisqo. Selain itu, ikhtiar yang dilakukan Polres Ponorogo yang bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Ponorogo dengan unsur masyarakat lainnya yaitu mendistribusikam air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan,”tegas AKBP Arif.

Disebutkanya, dampak yang dirasakan masyarakat dari kekeringan ini, paling utama adalah ketersediaan air bersih, dan ini menjadi permasalahan bersama.

“Ini semua sebagai wujud Polres Ponorogo berempati kepada masyarakat, apa yang menjadi permasalahan masyarakat, kita coba membantu meringankan dengan memberikan air bersih dan melaksanakaan shalat Istisqa,”terang Kapolres.

Sementara itu, dalam kotbahnya KH. Dr. Aswin Abdurrahman menyampaikan,” sholat sunah yang dikhususkan untuk meminta hujan dari Allah SWT, sebagaimana kita ketahui bahwa di wilayah Kabupaten Ponorogo khususnya, mengalami kemarau yang panjang sehingga banyak warga yang kesusahan untuk mendapatkan air bersih.
Marilah kita semua memohon ampun kepada Allah SWT baik dosa kita sendiri keluarga, saudara, teman maupun orang lain dan juga seluruh bangsa Indonesia agar doa kita semua dikabulkan oleh Allah SWT,”ucapnya.

Lebih lanjut disampaikanya,”mari kita ciptakan bahagia diantara kita, saling menghormati dan saling bergotong royong untuk menciptakan situasi yang damai,”tuturnya.

KH. Dr. Aswin Abdurrahman menambahkan, bahwa sudah menjadi kewajibannya alim ulama untuk mendoakan kondisi Indonesia agar sejahtera dan diberikan kebaikan bagi rakyat Indonesia.