Warga Rahayu Demo Tuntut Kompensasi dari Petrochina

Warga Desa Rahayu saat demo di depan Petrochina
Warga Desa Rahayu saat demo di depan Petrochina

KANALINDONESIA.COM, TUBAN : PT. Petrochina yang ada di Desa Rahayu Kecamatan Sooko Kabupaten Tuban, didemo warga setempat, pasalnya dana kopensasi yang sudah menjadi hak warga tidak kunjung turun.

Sukisna selaku kepala Desa Rahayu mengatakan,” sudah 2 tahun ini kompensasi tidak turun, seperti tahun sebelumnya,” ungkapnya, Selasa( 06/12/2016).

Masih menurut kades,” warga yang mempunyai hak kompensasi ada dalam 3 kriteria, yakni jarak 500 meter mendapat Rp 300 ribu, untuk yang berjarak 400 meter mendapatkan kompensasi Rp 400 ribu dan yang berjarak dibawah 400 hingga 100 meter mendapatkan kompensasi Rp 500 ribu,” terangnya.

Namun hingga berjam-jam perwakilan warga tidak ditemui oleh Akbar selaku HRD PT. Petrochina.

Nampak tak ada respon dari pihak PT Petrochina kordinator aksi mengomandokan warga untuk masuk dan menjemput HRD secara paksa.

“Akbar selaku HRD Petrochina harus menemui perwakilan warga dan memberikan penjelasan terkait tertundanya kopensasi bagi warga selama 2 tahun. Kalau tidak ada respon kami akan menjemput Akbar ke dalam perusahaan,” tegasnya sembari berorasi, Selasa (06/12/2016).

Hingga kini demo masih berlangsung, nampak aprat keamanan dari Polres Tuban disiagakan, karena menurut sumber yang dipercaya bahwa kompensasi untuk warga sudah tidak berlaku pasalnya PT Petrochina akan segera mengosongkan perusahaan tersebut.(elo)