Mahasiswa Blitar Galang Dana Korban Gempa Aceh

img_20161207_164818KANALINDONESIA.COM, BLITAR : Sejumlah mahasiswa di Blitar melakukan aksi solodaritas penggalangan dana untuk korban gempa di Aceh. Aksi solidaritas penggalangan dana itu dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB. Diseputaran perempatan Lovi Kota Blitar.

Koordinator aksi penggalangan dana Nanang, mengaku aksi tersebut merupakan bentuk keprihatinan terhadap warga Aceh yang sedang tertimpa musibah gempa bumi.

Menurutnya kondisi korban Aceh membutuhkan bantuan moril dan materiil dari semua pihak.

“Aksi solidaritas penggalangan dana ini kami lakukan untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Aceh, ” tutur Nanang usai melakukan penggalangan dana, Rabu (7/12/2016).

Aksi puluhan mahasiswa itupun langsung menjadi perhatian sejumlah pengguna jalan.

Dari pantauan wartawan dilapangan, mahasiswa silih berganti manghampiri para pengguna jalan diseputaran perempatan Lovi. Dan tak butuh waktu lama sejumlah uang dari para pengendara kendaraan yang lewat disekitar perempatan Lovi terkumpul.

“Alhamdulillah ini hari pertama banyak sekali warga masyarakat memberikan bantuan untuk langsung kita salurkan ke saudara kita yang sedang tertimpa musibah, ” imbuhnya.

Nanang mengatakan aksi solidaritas penggalangan dana tersebut akan dilakukan selama tujuh hari kedepan.

Selain melakukan aksi solidaritas penggalangan dana, mereka juga membuka posko di kampus Universitas Islam Balitar (Unisba) di jalan Majapahit Kota Blitar.

Tak hanya menerima bantuan dana saja, namun posko tersebut juga dibuka untuk bantuan berupa barang. Seperti peralatan sekolah, baju dan makanan.

“Kami juga membuka posko di kampus, karena hanya ini yang bisa kami lakukan untuk saudara kita di Aceh yang tertimpa musibah, ” ungkap Nanang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis gempa terjadi pada pukul 05.03.36 WIB, dengan pusat gempa di 5,25 Lintang Utara dan 96,24 Bujur Timur pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km, dengan pusat gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Akibat gempa tersebut 25 orang dinyatakan meninggal dunia, sementara 26 mengalami luka-luka.(el)