FRMJ, Dukung KPK Usut Tuntas Kasus Korupsi di Jombang

Joko Fatah Rokhim koordinator FRMJ
Joko Fatah Rokhim koordinator FRMJ (istimewa)

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Forum Rembug Masyarakat Jombang (FRMJ) soroti kinerja aparat penegak hukum di Jombang terutama kejaksaan.

Dikatakan Joko Fatah Rokhim, koordinator FRMJ, “berbagai kasus korupsi yang ada belum terendus dan tidak ada prestasi yang diraih dalam pemberantasan korupsi. sehingga hal ini menunjukkan ketidakmampuan dalam mengungkap kasus, padahal dalam dua hari terakhir komisi pemberantasan korupsi (KPK) telah memeriksa dan menggeledah beberapa instansi di Jombang,”ucap Joko Fatah Rokhim, Rabu (07/12/2016).

FRMJ sendiri mengaku telah melaporkan berbagai dugaan kasus korupsi di antaranya penyalahgunaan dana Jasmas DPRD Jombang, dan juga melaporkan dugaan pelanggaran kinerja dan kode etik ke komisi kejaksaan RI dan kejaksaan agung pada 21 April 2016, dan permohonan audit kepada BPK untuk melakukan audit pada program integrasi jasmas DPRD. Sehingga langkah KPK sangat tepat untuk melakukan pengungkapan kasus korupsi, sebagai upaya penegakan hukum yang diharapkan masyarakat Jombang.

” Kami sangat mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh KPK dalam pemberantasan korupsi, usut dan ungkap tuntas. Mengingat kinerja kejaksaan perlu dipertanyakan, Ada apa ini. Padahal selama ini banyak aduan dari masyarakat terkait berbagai kasus yang sampai hari ini belum juga ada tanda – tanda keseriusan dalam penanganan keseriusannya,” Ungkapnya, Rabu (07/12/2016).

Ia menandaskan apalagi akhir-akhir ini banyak jaksa tertangkap tangan telah memeras dan menerima suap yang telah terkuak di berbagai tempat. Dan juga banyak ketidakberesan terkait penanganan korupsi oleh kejaksaan yang mangkrak alias berhenti ditengah jalan. Ini jelas menunjukkan rapor merah terhadap institusi kejaksaan dalam berbagai penanganan kasus.

Untuk itu, kami mendukung langkah KPK dalam pengungkapan kasus korupsi yang ada di Kabupaten Jombang. Sebagai upaya penegakan hukum dan sesuai dengan harapan masyarakat Jombang. Kami terus mendukung langkah KPK untuk mengembangkan dan mengungkap kasus dugaan korupsi ini,” tegasnya.

Diketahui, dalam dua hari terakhir KPK telah menggeledah dan memeriksa beberapa instansi di lingkugan pemerintah Kabupaten Jombang diantaranya ruang kerja sekretaris daerah, dinas PU cipta karya, PU pengairan, dan ruang pembangunan.(elo)