Baznas Sabet Penghargaan Indonesia Scholarship Award 2019

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyabet penghargaan Indonesia Scholarship Award 2019 untuk kategori sebagai lembaga penyedia beasiswa terfavorit yang diadakan pada puncak rangkaian WISH (World Indonesia Scholarship Festival 2010 di Universitas Pertamina, Jakarta, Jumat lalu (8/11/2-2019).

Ketua Baznas Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA mengatakan dirinya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas penghargaan ini. Menurutnya, ini membuktikan kinerja Baznas dalam hal beasiswa kepada mustahik mendapat apresiasi dari masyarakat. Dengan adanya beasiswa dan akan besarnya manfaat dana zakat ini untuk memutus rantai kemiskinan melalui program-program pendidikan yang berkualitas.

“Baznas mengeluarkan dana beasiswa pendidikan sebanyak Rp 13.280.0000. Dana tersebut terbagi dalam tiga komponen beasiswa yakni uang saku, SPP dan dana pembinaan,”ujar Mantan Menteri Pendidikan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini usai menerima penghargaan Indonesia Scholarship Award 2019 di Kantor Pusat Baznas, Menteng, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Ketua Baznas Prof.Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA (tengah) foto bersama usai menerima penghargaan Indonesia Scholarship Award 2019 di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Menurutnya, dana Rp 13.280.000 ini belum termasuk sekolah cendekian baznas yang tiap tahun mengeluarkan dana Rp 5 miliar, serta dana santri tahfidz Sulaimaniah Turki sebanyak 150 peserta dengan pengeluaran Rp 2,5 miliar.

“Penerima manfaat beasiswa Baznas mencapai 963 orang yang terdiri dari Beasiswa Cendekia Baznas S1 dalam negeri di 89 kampus, beasiswa cendekia Baznas S1 luar negeri di Universitas Al Azhar, Al-Bukhori International dan Aligarh Muslim Universtity, serta beasiswa kaderisasi 1000 ulama Baznas-MUI program doktoral sebanyak 20 peserta, beasiswa risert 45 pesertadan beasiswa kerjasama kemitraan,” jelas Prof. Bambang.

Terkait dengan penghargaan tersebut, kata Prof. Bambang, menyisihkan penyelenggara beasiswa lainnya seperti PT. Paragon Technologi & Innovation, Dompet Dhuafa, XL, Data Print, Tanoto Foundation dan Medcom.

“Menurut informasi yang kami terima, hasil voting yang dilakukan selama delapan hari sejak hari Kamis hingga Jumat tanggal 1 – 8 November 2019 dengan responden seluruh masyarakat Indonesia, Baznas meraih suara tertinggi setelah berhasil mengumpulkan 1,531 suara, diikuti Dompet Dhuafa di posisi kedua dengan 1396 suara, dan Medcom id, 828 suara,” jelasnya.

Sebelumnya masih dalam satu pekan ini, Baznas baru saja menerima penghargaan Padmamitra Award 2019 dari Pemerintah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta bersama Forum CSR DKI, pada Selasa (5/11). Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kepada Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta.

Penghargaan ini diberikan kepada organisasi profit maupun non profit yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Baznas memenangkan Padmamitra Award 2019 untuk Kategori “Keberlanjutan Dalam Rantai Nilai Organisasi” berkat program-program pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang telah terasa dampaknya. @Rudi