Kembali, Tim Saber Begal Polres Pasuruan Tangkap Satu Orang Pelaku

AB salah satu pelaku begal motor di Pasuruan berhasil ditangkap

KANALINDONESIA.COM, PASURUAN: Satu-persatu, anggota komplotan pelaku begal di wilayah Kabupaten Pasuruan berhasil diberangus oleh Tim Saber Begal Polres Pasuruan, bentukan Kapolres AKBP M.Aldian. Sabtu (10/12/2016) dinihari tadi, sekitar pukul 01.00 WIB.

Tim Saber Begal RESPAS, kembali menangkap DPO pelaku begal komplotan Plososari-Grati.

“Iya, tim saber begal nangkep komplotannya Tuhar tadi malem,” jelas Kapolres Pasuruan, AKBP M.Aldian, saat dihubungi Sabtu pagi.

Dari keterangan Kapolres, pelaku yang bernama AB (27) warga Desa Plososari, Kecamatan Grati tersebut ditangkap di wilayah Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan.

Penangkapan terhadap pelaku, berdasarkan laporan polisi di Polsek Gempol pada Bulan November 2013 silam.

“Jadi pelaku ini dilaporkan atas kasus perampasan motor di daerah Watukosek-Gempol bersama komplotannya. Saat diperiksa, ternyata saat kejadian itu, dia mbegal bersama pelaku Sampurno dan Tuhar yang telah tewas beberapa waktu lalu,” imbuh Kapolres.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, diketahui bahwa AB beraksi bersama Sampurno (tewas), Tuhar (tewas), NUR (sudah tertangkap), LS (DPO) dan AM (DPO).

Peran AB saat itu adalah menakut-nakuti korbannya dengan menggunakan celurit.

Dari informasi yang berhasil didapat, korban begal komplotan Tuhar ini adalah Fajar Kurniawan(24) warga Rungkut- Surabaya. Saat kejadian, korban yang mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion S 4976 LX sedang melintas di jalan raya Watukosek sendirian. Tiba-tiba korban dipepet oleh 6 orang pelaku yang berboncengan menggunakan 3 sepeda motor.

Salah satu pelaku kemudian merebut kunci kontak sepeda motor korban, yang mengakibatkan sepeda motor korban mati. Tak lama kemudian, pelaku lainnya yakni AB mengancam korban menggunakan celurit, sehingga korban ketakutan dan merelakan sepeda motornya dibawa kabur komplotan pelaku tersebut ke arah Mojokerto.

“Masih kita kembangkan terus, karena pelaku begal ini jaringannya banyak dan komplotannya berganti-ganti. Tidak menutup kemungkinan tersangka AB ini telah beraksi di beberapa TKP lainnya,” pungkas Kapolres. (bet)