Kejari Ponorogo Menerima Surat Relaas Putusan Kasasi Mantan Wabup Yuni Widyaningsih

Kasi Intel Kejari Ponorogo Kundrat Mantolas
Kasi Intel Kejari Ponorogo Kundrat Mantolas

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Kejaksaan Negeri(Kejari) Ponorogo menerima surat pemberitahuan putusan (relaas) kasasi perkara mantan Wabup Ponorogo Yuni Widyaningsih dari Pengadilan Negeri (PN) Ponorogo, Jumat(15/11/2019).

Kasintel Kejari Ponorogo Kundrat Mantolas membenarkan jika pihaknya telah menerima surat pemberitahuan kasasi tersebut.

“Iya, tadi pagi kami menerima surat dari Pengadilan Negeri Ponorogo yang ternyata surat pemberitahuan(relaas) terkait amar putusan terdakwa atas nama Yuni Widyaningsih,” ucapnya kepada kanalindonesia.com, Jumat(15/11/2019).

Kundrat mengatakan dalam surat tersebut menyebutkan bahwa Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan oleh terdakwa Yuni Widyaningsih, mengabulkan kasasi yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum(JPU) Kejaksaan Negeri Ponorogo dan mengubah putusan banding terdakwa.

“Dalam surat tersebut juga mencantumkan amar putusan dari Mahkamah Agung,”tegas Kundrat.

Dikatakanya, amar putusan Mahkamah Agung menjatuhkan vonis 6 tahun penjara, denda Rp200 juta subsider 6 bulan penjara, dan uang pengganti sebesar Rp1.050.000.000,-.

Kundrat menjelaskan jika dalam satu bulan Yuni Widyaningsih tidak bisa membayar uang pengganti maka akan dilakukan penyitaan terhadap harta benda milik Yuni Widyaningsih, dan apabila tidak memiliki harta benda yang disita maka akan diganti dengan pidana badan selama dua tahun.

Dengan diterimanya surat pemberitahuan (relaas) putusan kasasi atas perkara mantan Wakil Bupati Ponorogo Yuni Widyaningsih yang tersandung kasus korupsi pengadaan alat peraga pendidikan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus(DAK) 2012-2013 tersebut, Kundrat menyampaikan jika pihaknya akan segera berkordinasi dengan Pengadilan Tipikor Surabaya.

“Kita akan segera berkordinasi dengan Pengadilan Tipikor dan mengambil salinan putusan kasasi Mahkamah Agung,”pungkasnya.(red)