MADIUN, KANALINDONESIA.COM: Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA khususnya di jalur rel yang berpotongan dengan jalan raya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun melakukan pekerjaan perbaikan jalur rel di 5 titik perlintasan sebidang KA tepatnya di Jalan Perlintasan Langsung (JPL) No. 114, No. 115, No. 136, No. 8, dan No. 35.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwinto mengatakan, perlintasan tersebut banyak dilalui kendaraan sehingga berdampak pada kontruksi rel yang jika tidak dilakukan perawatan dikhawatirkan bisa mengakibatkan pergeseran lebar jalur KA maupun kondisi tubuh ban menjadi tidak stabil, sehingga berpotensi membahayakan perjalanan KA.

Adapun 5 titik perlintasan sebidang KA yang akan dilakukan perawatan, yaitu:
1. JPL No. 114 di Jl. Nasional 15 No.114, Kaligunting, Kec. Mejayan, Madiun
2. JPL No. 115 di Jl. Raya Sidodadi, Kronggahan, Mejayan, Kec. Mejayan, Madiun
3. JPL No. 136 di Jl. Rejomulyo No.136, Sukosari, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun
4. JPL No. 8 di km 176+5/6 emplasemen Stasiun Magetan
5. JPL No. 35 di JL Raya Kedunggalar, Desa Pulorejo, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi

Kegiatan peningkatan keandalan jalur di JPL No. 114, No. 115, No. 136, dan No. 8 akan dilakukan selama sembilan hari, dan telah dimulai sejak tanggal 2 Agustus hingga 10 Agustus 2021 mendatang. Sedangkan pengerjaan di JPL No. 35 dilakukan selama lima hari mulai 5 Agustus 2021 hingga Senin 9 Agustus 2021. Sehingga ditanggal 5 – 9 Agustus 2021 akan ada 5 titik perlintasan yang diperbaiki dalam waktu bersamaan. Pekerjaan perawatan itu sendiri dilakukan mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya.

Pekerjaan perbaikan perlintasan meliputi pembongkaran aspal yang berada di kanan kiri rel kemudian dilakukan perbaikan geometri jalur agar sama dengan geometri rel kanan kiri perlintasan. Setelah jalur dinyatakan stabil, kemudian akan dilakukan pengaspalan kembali.

Selama pengerjaan, Ixfan mengatakan tidak akan dilakukan penutupan jalan sehingga lalu lintas disekitar perawatan akan tetap berjalan.

“Pada saat perawatan ini tidak ada penutupan jalan. Nantinya hanya akan dilakukan pengaturan lalu lintas oleh petugas kepolisian sehingga kemungkinan akan terjadi sedikit kepadatan arus selama proses perawatan tersebut,” imbuh Ixfan.

Ixfan menghimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut untuk lebih berhati – hati, karena selain terdapat tumpukan material, juga terdapat lalu lalang para pekerja proyek.

“Kami atas nama manajemen KAI Daop 7 Madiun memohon maaf atas ketidaknyamanan para pengguna jalan dikarenakan adanya pekerjaan tersebut,” tutup Ixfan.

---------Ikuti Chanel youtube: KanalindonesiaTv ---------- ----------------------------------------------------------------

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here