Peduli Pendidikan, PAC BMI Balong Ponorogo Renovasi Gedung Sekolah Dasar

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: PAC BMI(BMI) Balong peduli pendidikan dengan mengadakan baksos renovasi gedung sekolah SDN 3 Balong, Ponorogo, Jum” at (15/11/2019).

Kondisi bangunan SDN 3 Balong terlihat sangat mengkhawatirkan, selain plafon yang sudah pada ambrol, molo (kayu kuda-kuda) sudah patah terlihat sudah ditambahi klaim kayu, usuk dan reng sudah pada rapuh dimakan rayap. Bahkan gedung sekolah yang dibangun tahun 1998 itu, terlihat disangga dengan 6 penyangga bambu agar tidak roboh.

Ketua PAC BMI Balong Edi Sukarno alias Kirun  mengatakan, hari ini PAC BMI Balong dan PAC lainnya mengadakan baksos menurunkan genteng, usuk, kuda-kuda dan lainnya.

“Setelah kemarin kita mengadakan penggalian pengumpulan dana, hari ini sebagai tindak lanjut Kita mengadakan kerja bakti membongkar bangunan sekolah bagian atas yang rusak parah,” ujarnya.

Baca:  Sabyan Gambus Telorkan Single Idul Fitri

Dia juga menjelaskan, lebih cepat lebih baik, pihaknya bersama kader-kader BMI hari ini menurunkan genteng dan nanti dilanjutkan rehap total.

Menurutnya, pembongkaran genteng sekolah SDN 3 Balong ini sangat mendesak dan perlu gerak cepat, mengingat sebentar lagi sudah datang musim hujan.

“Dari pada kelamaan, keburu kena hujan, kita lakukan pembongkaran. Saya kira lebih cepat, lebih baik. Kalau menunggu program terlalu lama, keburu roboh,” tambahnya.

Selain itu, kata Edi apa yang dilakukan kawan-kawan BMI ini adalah hal kebaikan untuk anak-anak kita agar dalam hal belajar dan mengajar bisa tenang dan nyaman.

“Toh perbaikan bangunan sekolah ini yang bisa merasakan anak-anak kita, calon generasi penerus bangsa. Biar mereka belajar tanpa dihantui rasa takut dan was-was dalam belajar,” jelasnya.

Baca:  Ketua PWNU Jatim Tidak Restui Calon Bupati Yang Cacat Moral

Saat ditanya berapa kelas yang akan diperbaiki, Edi mengatakan untuk sementara satu kelas, karena sudah sangat parah.

“Sementara yang paling parah satu kelas, bilamana nanti dipandang perlu yang lainnya juga rusak, akan kita perbaiki. Yang jelas hari ini satu kelas yang diperbaiki,” ucapnya.

Harapan kita dari kawan-kawan BMI yang merupakan sayap dari PDI Perjuangan, anak-anak yang belajar di SDN 3 Balong tenang, aman, nyaman dan tidak was-was serta takut.

“Mereka bisa menerima pelajaran dari para guru dengan tenang, dan akhirnya mereka bisa menjadi anak yang pandai dan cerdas,” ungkapnya.

Sementara itu kepala sekolah SDN 3 Balong, Kariminanto kepada sejumlah awak media mengungkapkan, sebelumnya pihaknya kedatangan tamu relawan BMI dengan maksud ingin membantu memperbaiki gedung sekolah.

Baca:  Kelelahan Saat Lempar Jumroh di Mina, Satu Jamaah Haji dari Kloter 80 Jombang Meninggal Dunia

“Prinsipnya dari pihak sekolah kalau ada relawan yang ingin membantu memperbaiki sekolah, pihak sekolah tidak keberatan,” ujarnya

Saat ditanya apakah sudah laporan ke Dinas Pendidikan? Kariminanto mengatakan, sekolah sudah menyampaikan ke Dinas Pendidikan, dan beberapa hari kemarin ada tim dari Diknas Ponorogo yang turun ke sekolah melakukan penghitungan.

“Harapan Saya, semoga bantuan dari relawan ini bisa bermanfaat untuk kegiatan proses belajar mengajar di SDN 3 Balong. Dan nanti apabila dari Diknas Pendidikan Ponorogo ada tambahan bangunan kelas untuk penyempurnaan akan lebih baik,” pungkasnya.(red)