Polresta Sidoarjo Cokok 6 Pelaku Curanmor, Empat Diantaranya Dihadiahi Timah Panas

Para tersangka saat digelandang di Mapolresta Sidoarjo(Foto: Irwan_kanalindonesia.com)
Para tersangka saat digelandang di Mapolresta Sidoarjo(Foto: Irwan_kanalindonesia.com)

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM: Polresta Sidoarjo berhasil ungkap kasus sindikat pencurian bermotor dalam sepekan terakhir ini. Sedikitnya ada 4 kasus yang berhasil di ungkap.

Saat jumpa pers yang digelar di depan kantor Satreskrim Polresta, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan,”memang di minggu-minggu terakhir ini di wilayah Sidoarjo diincar kawanan penjahat, alhamdulillah anggota kita dengan sigap bisa menangkap beberapa kawanan,”katanya, Sabtu(16/11/2019).

Ditambahkanya,”empat orang merupakan komplotan dari Grati, Pasuruan dan dua orang pelaku di wilayah Waru dan Sidoarjo,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho pada wartawan di Mapolresta Sidoarjo.

Keempat pelaku komplotan Grati, Pasuruan ini terungkap dari rekaman CCTV saat beraksi di sebuah perumahan di wilayah Candi, Sidoarjo. Untuk kemudian tim Satreskrim Polresta Sidoarjo melakukan pengejaran serta penangkapan saat mereka akan beraksi di sebuah tempat kos di Jalan Raya Kraton, Pasuruan.

Baca:  Percepat Putus Mata Rantai Covid-19, Kampung Tangguh Semeru Dibentuk di Wonocolo Taman

Saat penangkapan keempatnya berusaha melawan polisi dengan melempar bom bondet, sehingga personel melakukan tindak tegas dan terukur dengan menembak kaki keempat pelaku, yakni Muk, Kris, MT, serta BP.

“Dalam aksinya, komplotan ini memakai mobil. Selanjutnya mereka merusak kunci pagar dan kunci motor, kemudian membawa motor hasil curian. Apabila korban mengetahui, maka para pelaku tidak segan melempar bom bondet,” jelas Polisi lulusan Akpol 1997.

Dari pemeriksaan terungkap bila motor hasil curian para pelaku tersebut dijual kepada UDN.

Tim Satreskrim Polresta Sidoarjo melakukan penggeledahan di rumah UDN, tetapi sang penadah itu terlebih dahulu kabur.

“Dimanapun penadah ini berada akan terus kami kejar, karenanya kami menghimbau untuk segera menyerahkan diri ke polisi,” imbuhnya.

Baca:  Kapolresta Sidoarjo Pimpin Sertijab Dua Kapolsek

Dari penangkapan keenam tersangka tersebut, diperoleh barang bukti berupa satu unit mobil sewaan Daihatsu Xenia bernopol N 1453 WJ, dua unit sepeda motor hasil curian, 15 anak kunci T, 1 kunci L, 4 shock kunci T, 1 tang, 1 obeng, 1 kunci shock, 2 unci pas serta 6 buah bondet.

Sedangkan barang bukti yang disita dari rumah penadah UDN, berupa 5 bondet, 7 anak kunci T, plat nomor dan 11 butir amunisi kaliber 22 mm.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya, keenam pelaku itu harus menginap di hotel prodeo Polresta Sidoarjo dan oleh petugas mereka dijerat dengan pasal 363 KUHAPidana tentang pencurian dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.(Irwan)