Luar Biasa, Tiga Petinju TNI AU Sabet Juara Dunia Tinju Kelas Bulu Versi IBA

Ongen Saknosisi dapat sabuk juara Dunia tinju kelas bulu versi IBA
Ongen Saknosisi dapat sabuk juara Dunia tinju kelas bulu versi IBA

MALANG, KANALINDONESIA.COM : Petinju Indonesia Pratu Ongen dengan kemenangan ini telah menorehkan prestasi yang luar biasa berhasil sabet juara dunia tinju kelas bulu versi IBA (Internasional Boxing Asociation) menang angka atas petinju Filipina Marco Demecillo di laga di Jatim Park 3 Kota Batu,Malang, Minggu (17/11/19).

Setelah beberapa bulan lalu merebut gelar juara dunia WBC. Dengan demikian Pratu Ongen merupakan Prajurit TNI pertama yang menjadi juara dunia IBA dan saat ini memegang 2 gelar juara dunia Tinju  yaitu  WBC dan IBA.

Menghadapi lawan yang lebih berpengalaman ini, Pratu Ongen yang berusia 25 tahun itu menang angka. Tiga hakim pertandingan memberikan angka 116-112, 118-110, dan 116-112 untuk Ongen petinju asal Maluku itu. Dengan kemenangan ini Ongen dinobatkan sebagai juara dunia tercepat karena meraih gelar hanya dari delapan laga profesional saja.

Selain itu menyabet gelar dan juara, petinju Indonesia ini yang melawan petinju Filipina itu juga menjadi sebuah pengalaman pertamanya bermain 12 ronde, sebelumnya Ongen selalu menang KO sebanyak 7 kali pertandingan.

Kemenangan ini juga menjadi sejarah bagi prajurit TNI AU yang berpangkat Pratu ini berhasil sabet juara dunia tercepat yang diraihnya dalam jumlah pertandingan profesional di bawah 10 pertandingan.

“Tujuh pertandingan yang pernah saya mainkan ini selalu menang KO dan paling banyak juga 4 ronde, tapi sekarang saya bermain sampai 12 ronde, mungkin saya pikir lawannya sangat tangguh. Selanjutnya saya akan berlatih lebih keras lagi untuk mmpersiapkan laga selanjutnya,”ungkap Ongen

Petinju di bawah naungan Mahkota Promotions itu terus mengolor waktu dan akhirnya pertarungan berakhir. Kemenanganpun diraih Ongen Saknosisi dan sabuk juara diberikan oleh Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Selain Ongen yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya yakni Prada Abdul Raof menang angka mutlak vs Abdul Rahman (Tulungagung BC), Pratu Ilham Leoisa menang TKO di ronde ke 2 vs Anthony Pooche (surabaya BC),

Hadir dalam pertandingan tinju internasional memperebutkan juara dunia IBA (International Boxing Asosiation) ini diantaranya : Wakil Ketua DPD RI Letjen TNI (Purn) Nono Sampono, Kadispamsanau Marsma TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M, Walikota Batu Malang Hj. Dewanti Rumpoko, Raja Saptaoktohari, Ketua KTPI Ruhut Sitompul, Komisaris Jatim Park 3 Ali Muhammad,Owner Jatim Park Sastro.@Wn