BNN Kota Kendari Bersama Kodim 1417/Kdi Adakan Tes Urine Dan Penyuluhan P4GN

test urineA

KENDARI, KANALINDONESI.COM :  Kodim 1417/Kendari bekerja sama dengan BNN Kota Kendari menyelenggarakan tes urine dan penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada Prajurit  Kodim 1417/Kendari di aula Makodim 1417/ Kendari, Kamis (21/11/19).

Dandim 1417/Kendari Kolonel Inf  Drs Alamsyah M.Si menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya pencegahan dari penyalahgunaan Narkoba di lingkungan TNI Khususnya Kodim 1417/Kendari. Disamping itu, penyuluhan ini sebagai sarana pembentukan kader penyuluh bahaya  Narkoba kepada masyarakat terkait tugas babinsa sebagai aparat pembina kewilayahan.

“Program ini secara terus-menerus rutin dilaksanakan dalam mendukung BNN dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba,”kata Dandim

Dandim 1417/Kendari mengatakan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan karena berpotensi mengancam kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, yaitu hilangnya satu generasi baik secara kualitas maupun kuantitas dan beliau menekankan bahwa kegiatan ini bukan sekedar acara yang bersifat seremonial, akan tetapi juga menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk terus menguatkan tekad dalam upaya memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba khususnya dalam pembinaan masyarakat dalam jajaran wilayah binaan Kodim 1417/Kendari.

Baca:  Tekad Menolong Sesama, Babinsa Warbah Bantu Pembangunan Rumah Warga

“Bagi Prajurit di era Modern ini, salah satu satu musuh yang harus di perangi adalah Narkoba, yang bisa menyelinap ke seluruh kalangan tanpa memandang jenis kelamin dan profesi yang efeknya sangat besar merugikan bagi pemakainya,”ujar Dandim

Dalam kegiatan ini Kepala BNN Kota Kendari Dra Hj Murniaty. M, MTH, APT bertindak selaku pemberi materi penyuluhan tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada Prajurit Kodim 1417/Kendari.

Dalam penyuluhannya Kepala BNN menyampaikan, bahwa bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.

Baca:  Inilah Alternatif Investasi Di Masa Pandemi

“Dampak dari penyalahgunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, kepribadian pemakai dan situasi atau kondisi pemakai. Secara umum, dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang,”urainya

Ia menambahkan, dalam berbagai upaya BNN bersama Instansi terkait dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. “Menjadi tugas dan tanggung jawab bersama untuk memberantas dan memutus mata rantai Narkoba,”imbuhnya.

Kegiatan di akhiri dengan sesi tanya jawab peserta sosialisasi P4GN dengan Kepala BNN Kota Kendari.@wn