Bupati Trenggalek Serahkan SK Pensiun kepada 122 PNS

TRENGGALEK, KANALINDOMESIA.COM: Sebanyak 122 Pegawai Negeri Sipil dilingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek terima petikan SK Pensiun dari Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, Senin (2/12/2019) di Gedung Bawarasa Trenggalek. Petikan SK Pensiun yang diserahkan pemimpin muda Trenggalek ini diperuntukkan kepada PNS dilingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang memasuki masa purna tugas per Bulan Januari, Februari dan Maret tahun 2020.

122 PNS yang memasuki masa purna tugas ini meliputi 8 Pejabat tinggi pratama dan Pejabat Administrasi, 92 tenaga fungsional guru, penyuluh pertanian dan tenaga kesehatan serta 22 pejabat pelaksana.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Trenggalek berharap banyak kepada para PNS yang memasuki purna tugas ini bisa lebih bermanfaat bagi orang lain. “Banyak waktu luang, gunakan untuk menginspirasi banyak orang, teman sejawat maupun lingkungan sekitar,” ungkapnya.

“Penghargaan tertinggi bukanlah penghasilan yang besar saja namun bisa bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitar, serta keberadaan kita berharga bagi mereka,” lanjutnya.

Lebih lanjut Bupati Arifin menmbahkan, “yang purna tugas hanyalah status ASN nya saja namun sebenarnya bapak ibu tidak pensiun karena keberadaan bapak ibu masih dibutuhkan kan ditengah-tengah masyarakat dan pengabdian bisa dilakukan dimana saja,” lanjut orang nomor satu di Trenggalek ini.

Nur Arifin juga bercerita mengenai Senior citizen di beberapa negara tetangga. Perkumpulan penduduk senior yang bisa bermanfaat bagi orang lain dengan melakukan beberapa kegiatan positif. “Meskipun sudah purna tugas mereka tetap bisa berkarya,” terangnya.

Pemimpin muda ini juga berpesan untuk pensiunan ASN ini bijak menggunakan tabungan hari tuanya, bukan untuk kebutuhan konsumtif saja melainkan bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat lainnya seperti halnya untuk investasi yang menjanjikan.

Diceritakan oleh suami Novita Hardini ini, banyak investasi kecil yang sangat menguntungkan dan menjanjikan seperti halnya di Santara. Di Trenggalek pihaknya juga tengah mencoba melakukan hal yang sama. Seperti halnya pengelolaan minimarket berjejaring yang harus berdiri diatas koperasi. Para purna tugas ini bisa ikut memiliki Minimarket berjejaring tersebut dengan ikut menjadi anggota koperasi dari minimarket berjejaring tersebut.

Selain itu juga mengenai pengembangan potensi pariwisata di Trenggalek dengan pihak swasta yang membuka potensi pembiayaan oleh masyarakat dengan sistem Crowdfunding. Tentunya ini membuka peluang untuk masyarakat ataupun ASN purna tugas ini untuk ikut berinvestasi murah namun bisa menghasilkan pasif income, tandas Nur Arifin.