Jelang Hari Juang TNI AD Dan HUT Kodiklatad TA 2019, Kodiklatad Gelar Donor Darah

Donor darah
Donor darah

BANDUNG, KANALINDONESIOA.COM Dalam rangka Hari Juang TNI AD dan HUT Kodiklat Angkatan Darat TA 2019, Kodiklatad menggelar kegiatan donor darah dengan menggandeng PMI Kota Bandung dan Cianjur di Gedung Moch Toha Kodiklatad, Selasa (3/12/19). Acara tersebut dibuka oleh Wakil Komandan Kodiklatad Mayjen TNI Eka Wiharsa.

Kegiatan Donor Darah dalam rangka HUT ke-25 Kodiklatad ini dilaksanakan di 4 wilayah yaitu, Zona 1 Wilayah Bandung Cimahi, Zona 2 Wilayah Malang dan Zona 3 Wilayah Jakarta Bogor serta Zona 4 Wilayah Baturaja.  Dari kegiatan tersebut untuk Bandung dan Cimahi terkumpul 352 kantong pendonor yang telah memenuhi syarat dari 408 yang telah mendaftar dan Wilayah Jakarta Bogor terkumpul 120 kantong pendonor yang telah memenuhi syarat dari 165 yang mendaftar. Sedangkan untuk Wilayah Malang dan Baturaja akan dilaksanakan tanggal 5 November 2019.

Dalam sambutannya Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto yang dibacakan oleh Wadan Kodiklatad mengatakan, bahwa setetes darah yang kita donorkan jauh lebih berharga dari uang. Karena darah yang kita donorkan  adalah penyambung nyawa orang lain.

“Bahwa donor darah bukan hanya sebatas memberikan darah, tapi akan memberikan banyak keuntungan diantaranya adalah kesehatan akan terpantau karena saat akan mendonorkan darah juga dilakukan pengecekan kondisi tubuh kita,”kata Dankodiklatad dalam amanatnya.

Sementara itu, menurut Kepala Kesehatan Kodiklatad Mayor Ckm dr Saharun Iso, SpKo mengatakan, salah satu manfaat donor darah yaitu dapat merangsang terjadinya proses peremajaan sel-sel darah dan akan merangsang produksi sel-sel darah baru, sehingga pada gilirannya membantu dalam menjaga kesehatan yang baik. “Artinya darah kita akan segera tergantikan oleh darah baru yang tentunya lebih baik dan sehat,”ujarnya.

Pada pelaksanaan donor darah ini, Komandan Kodiklatad Letnan Jenderal TNI AM Putranto, S.Sos juga berkesempatan melaksanakan Donor Darah bersama Wadan Kodiklatad dan para Direktur serta para pejabat lainnya. @wn