Bamsoet Mundur, Jokowi : Munas Golkar Bikin Sejuk Suhu Politik Indonesia

JAKARTA KANALINDONESIA.COM  – Mundurnya Bambang Soesetyo dalam bursa calon ketua Umum Golkar menjadi bahan Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan Kongres Partai Golkar ke-X yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan Jakarta, Selasa (03/11/19) malam.

Presiden Jokowi mengatakan, dinginnya dinamika Golkar dinginnya negara ini. Panansnya dinamika Golkar panasnya negara ini. Jadi keberadaan partai Golkar yang sejuk dan tidak memanas dalam Munas ini akan membawa dampak positif bagi Negara ini.

“Saya dengar tadi pak Bambang Soesetyo dengan jiwa negarawannya mundur dari persaingan ketua umum, sehingga mampu untuk mendinginkan suasana saat pembukaan Munas Partai Golkar ini. Sehingga suasana serasa sejuk bahkan kalau ac dimatikan saya yakin masih tetap sejuk ,” ujar jokowi dalam sambutannya didepan ratusan peserta Munas Golkar Ke-X, Selasa (03/11/19).

“Saya senang Munas ini menunjukan persaudaraan dan kerukunan yang baik. Jadi saya sekali lagi saya ingin mengajak kita semuanya memberikan tepuk tangan kita ke Pak Bambang Soesatyo,” lanjut Jokowi yang langsung di sambut tepuk tangan para peserta munas Golkar.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menegaskan, tak ada intervensi Istana dalam pengunduran diri Bambang Soesetyo.

Namun, pemerintah kata Jokowi berkepentingan agar suhu politik Golkar tetap sejuk. “Kalau Golkar goyang, perpolitikan nasional ikut goyang. Kalau Golkar panas, perpolitikan nasional ikut panas. Tapi kalau Golkar dingin, suhu politik nasional ikut dingin,” jelas Jokowi.

Dalam Munas Golkar yang tadi secara simbolis dibuka Presiden Jokowi, juga dihadiri beberapa petinggi partai diantaranya tampak hadir Presiden ke 5 yang juga ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie, serta Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate.

Sementara itu dari kalangan Menteri yang juga ikut hadir diantaranya Menakar yang juga Waketum PKB Ida Fauziah, Mendagri Tito Karnavian, Mensekneg Pratikno dan Menteri BUMN Erick Tohir.

Sedangkan beberapa senior Partai Golkar Juga tampak berada di depan kursi undangan diantaranya Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono. Nang